Seorang pedagang tengah menimbang cabai di Pasar Badung, Denpasar. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dalam beberapa minggu terakhir harga cabai rawit terus merangkak naik. Berdasarkan pemantauan harga di Pasar Malam Cokroaminoto, eks Tiara Grosir, Denpasar, cabai rawit kini harganya Rp 65.000 per kilogram.

Bawang merah dan bawang putih juga mengalami peningkatan harga. Bawang putih yang semula harganya di kisaran Rp 30.000 kini Rp 40.000-Rp 42.000 per kg. Ini dikatakan salah seorang pedagang, Bu Ayu, saat ditemui, Minggu (12/1).

Baca juga:  Pilih Ketua Umum, Lemkari Bali akan Gelar Musprovlub

Kenaikan harga bawang merah, bawang putih dan cabai rawit juga terjadi di Pasar Badung. Ni Wayan Wandri, salah seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Badung, menuturkan, kenaikan harga barang sudah terjadi sejak beberapa minggu terakhir dan terus meningkat sejak berakhirnya liburan tahun baru.

Sebelumnya, harga bawang merah Rp 30.000 per kg dan berlangsung lama (stagnan) di anga Rp 20.000 per kg. Sementara bawang putih sebelumnya harganya berkisar Rp 23.000 hingga Rp 25.000 per kg. “Harga cabai setiap hari berubah-ubah,” ungkapnya.

Baca juga:  Bandara Soetta Sediakan Digitalisasi Layanan Bus

Menurut Wandri, kenaikan harga produk bumbu dapur dikarenakan pasokan minim masuk pasar saat ini. Padahal dari segi permintaan tidak begitu ramai. “Kemungkinan karena cuaca atau lagi tidak ada musim panen,” ujarnya. (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.