Bangunan los dan kios di Pasar Anyar Sari ditinjau menjelang dipelaspas pada Rabu (15/1). (BP/ara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pembangunan los dan kios di Pasar Anyar Sari, Ubung, yang dikerjakan sejak beberapa bulan lalu, kini sudah rampung. Upacara melaspas bangunan tersebut akan dilakukan, Rabu (15/1). Setelah upacara melaspas akan dilanjutkan dengan pemindahan pedagang ke los dan kios yang baru.

Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Kota Denpasar I.B. Kompyang Wiranata, S.E., ditemui, Senin (13/1), membenarkan pembangunan kios dan los itu sudah rampung. Pembangunan di Blok I ini merupakan bantuan dari Kementerian Perdagangan sebesar Rp 4 miliar.

Baca juga:  Target Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Rusia, BPPD Badung Promosi ke Moscow

Direktur Umum PD Pasar Kota Denpasar AAN Yuliartha, S.H., menambahkan, pembangunan gedung Blok I sebenarnya sudah melampaui target. Pembangunan 24 kios dan 57 los itu ditarget rampung 22 Desember lalu, namun pihak rekanan sudah menyerahkannya per 17 Desember 2019 lalu.

Menurutnya, relokasi pedagang sudah bisa dilaksanakan pada saat upacara pamelaspas karena pengundian tempat telah dilaksanakan minggu lalu. Penempatan pedagang dengan sistem zonasi. ‘’Pedagang yang beragama Hindu, setelah upacara pamelaspas sudah bisa langsung operasional. Untuk pedagang yang non-Hindu, paginya sudah bisa berjualan,’’ kata Yuliartha.

Baca juga:  2018, Tanah Lot Targetkan 3 Juta Kunjungan Wisatawan

Bangunan di Blok I Pasar Anyar Sari terbakar 11 Agustus 2018 lalu. Selain los dan kios di Blok I, kebakaran juga terjadi di Blok II pada 22 Maret 2019. Pembangunan di Blok II dimulai paling lambat Maret 2020. Biayanya memanfaatkan dana swadaya pedagang dengan pola kemitraan. (Asmara Putra/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.