Tak terasa kita sudah masuk bulan Desember 2019. Artinya sebentar lagi kita akan masuk tahun 2020, yang oleh Presiden RI Joko Widodo diprediksi juga akan diwarnai kekhawatiran resesi ekonomi.

Namun, apa pun yang kita prediksi tetap harus disikapi dengan pemikiran cerdas dan mencari solusi untuk keluar dari permasalahan yang ada. Pemetaan potensi mungkin perlu kita lakukan lebih awal, agar memasuki tahun 2020 kita bisa menghadapi tantangan ekonomi secara lebih siap.

Baca juga:  Dana Punia Pura Puncak Sari (Bhur, Bwah, Swah)

Khusus untuk Bali, saya hanya berharap para pemimpin Bali jangan terjebak kepentingan kelompok dalam mengelola anggaran. Jika ada ruang untuk berkoordinasi dan membuat program terpadu untuk Bali, lakukanlah.

Jangan terus-terusan terjebak kepentingan pribadi dan menyelamatkan kekuasaan. Apalagi mengelola anggaran hanya untuk menjaga kekuasaan dari bidikan  masalah hukum.

Saya juga banyak baca, tahun 2019 ini defisit anggaran terjadi di sejumlah kabupaten. Mudah-mudahan ke depan hal ini tak terulang dan segeralah melakukan perencanaan anggaran secara akurat. Pikirkan skala prioritas, jangan mengelola anggaran berdasarkan selera.

Baca juga:  KUPA dan Perubahan PPAS 2018 Ditandatangani, Ada Pos Belanja yang Digeser

I Putu Rajendra

Denpasar, Bali

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *