dr. Nyoman Susila. (BP/dok)

TABANAN, BALIPOST.com – Pasien penyakit kanker khususnya di Bali Barat kini lebih mudah menjalani perawatan utamanya kemoterapi. Itu karena BRSU Tabanan sudah memiliki layanan untuk pengobatan kanker berupa Poliklinik Hemato Onchology Medik.

Direktur BRSU Tabanan dr. Nyoman Susila menyatakan, layanan Poliklinik Hemato Onchology Medik dibuka sejak 1 November 2019 lalu. Hingga saat ini tercatat 83 pasien kanker yang menjalani perawatan di layanan ini. “Layanan perawatan kanker yang dilakukan adalah kemoterapi,” jelasnya, Senin (25/11).

Baca juga:  Masuk Jalur Proyek Shortcut 7-10, Tanah Wakaf Pegayaman Ditukar Guling

Selain untuk mendekatkan layanan pengobatan kanker ke masyarakat, layanan ini diadakan karena BRSU Tabanan merupakan RS kelas B Pendidikan dan sebagai inovasi karena saat ini untuk layanan JKN spesialis dasar dialihkan ke RS tipe D atau C.

Pelayanan poliklinik kanker ini sudah lengkap karena BRSU Tabanan telah memiliki satu dokter subspesialis hemato onchologi, ruangan, alat dan obat-obatan. Sebelumnya pasien harus dirujuk ke RSUP Sanglah, Denpasar, untuk penegakan diagnosis. “Jika dalam diagnosis ini pasien memerlukan tindakan kemoterapi, dirujuk kembali ke BRSU Tabanan,” ungkapnya.

Baca juga:  Gladi Bersih Tari Rejang Sandat Ratu Segara Diwarnai Kesurupan

Menurutnya, saat ini sebenarnya pihaknya sudah bisa menegakkan diagnosa pasien kanker dan perlakuan pengobatan apa yang diperlukan. Agar layanan ini ditanggung JKN tanpa harus merujuk pasien ke RSUP Sanglah terlebih dahulu melainkan bisa langsung ditegakkan diagnosanya di BRSU Tabanan, pihaknya sedang mengurus prosesnya. “Saat ini kami menunggu visitasi dari BPJS Pusat. Semoga bulan depan bisa terlaksana,” tandas  Susila. (Wira Sanjiwani/balipost)

Baca juga:  Berkas Dilimpahkan, Oknum Mantan Kaling Asri Ditahan
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *