Kobaran api membakar bangunan palinggih Pura Puseh Bale Agung Muntig di Banjar Dinas Muntig, Desa Tulamben, Kubu, Karangasem, Selasa (15/10) dini hari. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kebakaran menimpa tiga unit bangunan palinggih yang ada di Pura Puseh Bale Agung, Desa Pakraman Mutig, di Banjar Dinas Muntig, Desa Tulamben, Kubu, Karangasem, Selasa (15/10) dini hari. Kejadian tersebut mengakibatkan kerugian materiil sekitar Rp 2,5 miliar.

Petugas Damkar Karangasem I Wayan Sumardana mengungkapkan, berdasarkan informasi yang yang diperoleh dilapangan, kebakaran terjadi sekitar pukul 04.00 Wita. Api membakar tiga unit bangunan besar yang ada di jaba sisi pura yakni Bale Agung berukuran 24 x 3 meter, panggungan berukuran 18 x 6 meter, dan Bale Pegat berukuran 12 x 3 meter. Lima unit jempana dan wastra/pengangge palinggih juga ikut terbakar. Bangunan cepat terbakar lantaran atapnya berbahan ijuk.

Baca juga:  Kebakaran di Seronggo, Kerugian Rp 100 Juta Lebih

Pihaknya menerjunkan 19 personel dan empat unit armada mobil pemadam kebakaran ke lokasi. “Pemadaman juga dimantu oleh warga setempat. Kobaran api sudah berhasil dipadamkan. Akibat peristiwa ini, kerugiaan materiil diperkirakan Rp 2,5 miliar,” katanya.

Kadis Damkar Karangasem I Nyoman Tari menambahkan, diperlukan 35 ribu liter air untuk memadamkan api. Menurut Klian Dusun Muntig, Kadek Suparta, kebakaran terjadi sekitar pukul 04.00. Kobaran api pertama kali diketahui oleh sopir mobil tangki yang kebetulan lewat membawa air di sekitar tempat kejadian.

Baca juga:  TPST Desa Kapal Dilalap Si Jago Merah

Kapolsek Kubu AKP I Komang Sura Maryantika menjelaskan, kebakaran pertama kali diketahui oleh I Nyoman Bendesa. Korban yang hendak beraktivitas terkejut melihat kobaran api. Berjarak 50 meter dari tempat kebakaran, saksi mencoba mendekati lokasi dan memberi tahu warga sekitar untuk membantu memadamkan api. Setelah itu ada  mobil tangki lewat membawa air. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *