Menristek Dikti Mohammad Nasir saat diwawancarai oleh wartawan. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Rektor asing yang pertama kali masuk ke Indonesia tercatat bertugas di Universitas Cyber Asia. Perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Universitas Nasional Jakarta ini juga menjadi yang pertama di Tanah Air berbasis online. Rektor asing itu adalah Jang Youn Cho.

Menristek Dikti RI Mohammad Nasir di Sanur, Denpasar, Senin (26/8), menyebut rektor asing pertama di Indonesia itu memiliki pengalaman memimpin perguruan tinggi, di antaranya Universitas Hankuk di Korea Selatan dan pernah menjadi dosen di Amerika Serikat. “Targetnya adalah meningkatkan APK (Angka Partisipasi Kasar), mutu harus menjadi baik, dan daya saingnya nanti di tingkat internasional,” ujarnya.

Baca juga:  Kualitas Udara Ibu Kota Buruk Akibat Naiknya Volume Kendaraan

Nasir berharap mahasiswa Universitas Cyber Asia tidak hanya berasal dari Indonesia. Sebab, ada pula permintaan agar mahasiswa bisa berasal dari Asia Tenggara, Asia Barat, dan Afrika. Untuk rektor asing di perguruan tinggi negeri, pihaknya kini tengah memperbaiki sejumlah peraturan pemerintah (PP) sehingga baru bisa berjalan tahun 2020.

“Harapan saya mereka bisa berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas, jadi bukan lagi kita berpikir masalah penjajahan. Tidak ada di dunia pendidikan tinggi di dunia mana pun,” jelasnya. (Rindra/balipost)

Baca juga:  IMI Bali Targetkan Emas di PON 2024
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *