KJA di Danau Batur. (BP/Dokumen)

BANGLI, BALIPOST.com – Keberadaan keramba jaring apung (KJA) selama ini disebut-sebut menjadi salah satu penyumbang pencemaran di Danau Batur, Kintamani. Pencemaran terjadi akibat dari banyaknya sisa pakan ikan yang jatuh dan menumpuk di dasar danau.

Guna menekan pencemaran, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Kabupaten Bangli telah merancang pembuatan denplot KJA ramah lingkungan dengan menggunakan jaring berlapis. Sekretaris Dinas PKP Kabupaten Bangli Wayan Sarma dikonfirmasi Jumat (23/8) tak menampik bahwa keberadaan KJA selama ini ditenggarai menjadi penyumbang pencemaran Danau Batur.

Baca juga:  Kunjungan Wamen LHK di Badung, Serahkan Karang Hias dan Lepas Liar Tukik di Pantai Pandawa

Namun menurutnya, jika dibandingkan dengan limbah domestik dari rumah tangga, pencemaran yang disumbang dari KJA cukup kecil. Untuk menekan pencemaran semakin parah, pada tahun ini pihaknya telah merancang pembuatan denplot KJA ramah lingkungan.

Pembuatan denplot KJA dianggarkan Rp 150 juta. Tujuan pembuatan denplot sebagai KJA percontohan yang nantinya bisa ditiru dan diterapkan oleh seluruh pembudidaya ikan di Danau Batur.

Sesuai rancangan, jelas Sarma, KJA ramah lingkungan dibuat dengan jaring berlapis. Pemasangan jaring berlapis bertujuan untuk meminimalisir pakan yang jatuh ke dasar danau.

Baca juga:  Danau Batur akan Disertifikatkan

Selain itu, KJA ramah lingkungan juga akan dilengkapi dengan tanaman aquatik. “Kalau KJA yang ada sekarang kan belum ada tanamannya,” ujarnya.

Sarma mengatakan sesuai hasil kajian yang dilakukan bersama Fakultas Perikanan Unud, dari total luas danau keseluruhan yang mencapai 1.065 hektare, daya tampung KJA di Danau Batur hanya satu persen. Daya tampung bisa ditambah satu persen lagi, jika nantinya semua pembudidaya ikan di Danau Batur sudah bisa menerapkan KJA ramah lingkungan. “Untuk saat ini jumlah KJA yang ada keseluruhannya masih dibawah satu persen,” kata Sarma.

Baca juga:  Ketua DPR Minta Dubes Singapura Promosikan Destinasi Nusantara

Sementara itu, berdasarkan data Dinas PKP Bangli total jumlah KJA di Danau Batur per tahun 2018 sebanyak 9327 plong. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *