MANGUPURA, BALIPOST.com – Udayana Run dilaksanakan di Kuta dan diikuti 3.000 atlet tersebut berlangsung sukses. Gubernur Bali Wayan Koster yang hadir dalam lomba lari dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI dan HUT ke-62 Kodam IX/Udayana tersebut, mengapresiasi terselenggaranya event internasional yang diinisiasi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P. tersebut.

Gubernur Koster mengatakan bahwa kegiatan ini sangatlah positif dengan tujuannya yang jauh lebih penting yaitu menghidupkan kembali komitmen masyarakat dalam membangun kesadaran akan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. “Sebagai Gubernur Bali mewakili masyarakat Bali, saya mengucapkan apresiasi terhadap kegiatan ini. Saya berharap agar dapat diagendakan sebagai kegiatan tahunan oleh Bapak Pangdam,” ujarnya.

Tentu saja ke depan kegiatan seperti ini juga akan disinergikan dengan instansi lainnya, tetapi leadernya adalah dari Kodam supaya betul-betul kegiatannya menjadi besar untuk mempromosikan Bali sebagai destinasi wisata karena melibatkan peserta dari luar pulau Bali bahkan luar negeri. Gubernur juga mengingat bahwa dulu pernah ada event Bali 10K yang sangat terkenal dan diminati oleh peserta dari mancanegara. “Lama itu, sudah tenggelam dan sekarang muncul lagi diinisiasi oleh Bapak Pangdam,” ucap Koster dengan ekspresi bahagia.

Baca juga:  Desa Tulikup Tetapkan 18 Januari Sebagai Hari Jadi

Selain membudayakan masyarakat sehat melalui olahraga, kegiatan Udayana Run tersebut juga peduli terhadap lingkungan. Terbukti setelah kegiatan berakhir, panitia maupun peserta melaksanakan kegiatan membersihkan pantai dengan memungut dan mengumpulkan botol-botol plastik minuman yang habis digunakan peserta lomba. Itu sebagai komitmen kebijakan Pemerintah Provinsi Bali dalam memerangi sampah plastik.

Sedangkan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, di sela-sela kegiatan menyampaikan, Udayana Run start dan finishnya di Pantai Kuta, Badung. Pangdam mengucapkan terima kasih seraya memberikan penghargaan kepada panitia, sponsor, undangan dan seluruh peserta Udayana Run yang turut berpartisipasi meramaikan kegiatan ini. “Tidak terkecuali juga kepada media yang telah menyuarakan kegiatan ini secara luas kepada masyarakat. Sehingga ini menjadi virus-virus positif untuk semua anak bangsa,” tegasnya.

Baca juga:  Wagub Harap Bali Jagaditha Culture Week III Dorong Kemajuan UMKM

Sedangkan Kapendam Kolonel Jonny Harianto G., S.I.P. mengungkapkan, Panitia Udayana Run menyiapkan total hadiah sebesar Rp 200 juta. Untuk 150 finisher pertama pada tiap kategori jarak memperoleh medali, serta juara 1 sampai dengan harapan 3 masing-masing kategori akan diberikan uang pembinaan.

Selain itu disiapkan hadiah berupa 5 unit sepeda motor, 7 unit sepeda gunung dan puluhan hadiah hiburan menarik lainnya.
“Udayana Run dimulai pukul 06.10 Wita,” ucapnya.

Baca juga:  Happy Salma dan Sri Luce Jadikan Bali Sumber Inspirasi Berkarya

Menurut Kapendam untuk kategori Pelajar 5K Putra, Juara Pertama diraih Komang Deni Gunawan dengan catatan waktu 17’27’62 dan Putri dimenangkan oleh Arceling Hada dengan catatan waktu 19’51’55. Untuk kategori Umum 5K Putra, Juara Pertama diraih Elisar Gamashi dengan catatan waktu 15’57’12 dan Putri diperoleh oleh Afriano Paijo dengan catatan waktu 19’03’99.

Sedangkan untuk Kategori TNI-Polri 5K diraih oleh Mursalim sebagai juara pertama dengan catatan waktu 167’09’09. Untuk kategori Umum 10K Putra, Juara Pertama diraih Ridwan dengan waktu tempuh 31’42’21 dan untuk Putri diraih Meri Mariana dengan waktu tempuh 37’20’00. Sedangkan Asep Sappudin dengan waktu tempuh 31’55’48 berhasil menempati podium pertama pada kategori TNI-Polri 10K. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *