DENPASAR, BALIPOST.com – Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Jawa Timur akan mengikuti pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) XLI, Sabtu (15/6). Salah satu kontingen luar daerah ini tampak hadir dalam acara gladi di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Niti Mandala Renon, Denpasar, Jumat (14/6) pagi.

Tak hanya menampilkan garapan tari dan musik, kontingen Sumenep juga membawa serta kereta hias. Garapan pawai kontingen Sumenep diawali dengan tari kipas yang diiringi musik Tong-tong di atas kereta hias.

Baca juga:  Perenang Bali Berhasil Lampaui Rekornas NPCI

Adapun lagu-lagu yang dimainkan yaitu Kerapan Sapeh, Tanduk Majeng, Nyello Aeng, Gelleng Sokoh, dan Soto Madureh. Berdasarkan sinopsis yang dibacakan MC saat gladi, musik Tong-tong atau musik Ul Daul merupakan salah satu musik tradisional khas daerah Madura. Musik ini disajikan oleh grup musik Tong-tong Gong Mania.

Dalam sejarahnya, musik ini dimainkan untuk membangunkan masyarakat saat sahur di bulan suci Ramadhan. Kini dalam perkembangannya, musik Tong-tong telah mampu dikreasikan dan dikolaborasikan dengan alat musik lain sehingga lahir menjadi garapan yang lebih kreatif dan inovatif tanpa meninggalkan jati dirinya. (Rindra Devita/balipost)

Baca juga:  Pengamanan Pintu Masuk Gilimanuk Dipertebal
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *