Informasi tentang peringatan Bulan Bung Karno di Bali hendaknya diperbanyak. Saya mengikuti gerakan yang dilakukan Pemprov Bali termasuk berbagai acaranya. Bulan Bung Karno menurut saya adalah salah satu cara memupuk rasa nasionalisme.

Pemikiran Bung Karno masih sangat relevan untuk menjaga NKRI dan membangun bangsa ini. Saya harapkan pelibatan generasi muda dalam Bulan Bung Karno dibuka selebar-lebarnya.

Model dan format acara lomba untuk Bulan Bung Karno mungkin bisa melibatkan kampus dan organisasi karang taruna. Jika memungkinkan dalam Porsenijar, kegiatannya bisa diselipkan misalnya dalam bentuk lomba orasi dengan materi nasionalisme.

Baca juga:  59 Regu Ikuti Lomba Gerak Jalan Tingkat SD Buleleng

Mudah-mudahan Provinsi Bali bisa menjadi salah satu contoh penguatan nasionalisme dengan mewadahinya Bulan Bung Karno. Sebagai krama Bali, saya mendukung langkah Gubernur Bali membangkitkan nasionalisme.

Untuk mendukung kegiatan Bulan Bung Karno ini, pihak sekolah dan kampus mestinya juga membuat semacam kegiatan dan kreativitas yang bisa menguatkan nasionalisme. Bercermin dari pergerakan dunia politik belakangan ini, maka rasa cinta negara dan tanah air harus menjadi identitas siswa dan mahasiswa di negeri ini.

Baca juga:  Membudidayakan Tanaman Bali

I Gede Budarsana Putra

Buleleng, Bali

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.