Gerakan menjaga Bali sudah digulirkan. Ini menjadi cara baru Bali menghadapi tantangan. Saya baca di harian Bali Post, ada banyak agenda yang dipaparkan Gubernur Bali Wayan Koster terkait tagline ‘’We Love Bali’’ Movement.

Ini tentu menjadi kebijakan dan tagline yang mestinya menginspirasi semua elemen di Bali untuk bergerak mengatasi tantangan Bali ke depan. Kita jangan terlena dan menyerah oleh keadaan saat krisis kunjungan wisatawan. Bali harus bangkit.

Baca juga:  Menata Jalan Protokol

Saya sebagai warga Bali sekaranglah saatnya para pemodal yang dulu banyak menikmati untung di Bali melakukan tanggung jawab moral menjaga Bali. Mari ikut tata Bali selama musim paceklik ini terjadi. Mari dukung krama Bali merawat budaya dan alamnya.

Jangan terus jadikan Bali sebagai objek ekonomi, sementara tanggung jawab menjaga budaya dan tradisi dan alamnya dibebankan kepada krama Bali. Saya terus terang sangat mendukung  terobosan Koster-Ace dalam dua tahun terakhir menjaga Bali. Mudah-mudahan spirit ‘’Nangun Sat Kerthi Loka Bali’’ benar-benar kembali menjadikan Bali sebagai pusat peradaban dunia.

Baca juga:  Ketegasan Penanganan COVID-19

I Putu Rajendra

Gianyar, Bali

BAGIKAN