Perda tentang Tata Ruang Provinsi Bali tahun 2009 antara lain mengatur tentang sempadan pantai dan kesucian pura. (BP/dok)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Upacara Karya Agung Panca Wali Krama dan Ida Batara Turun Kabeh di Pura Besakih tinggal beberapa hari lagi bakal berakhir. Ida batara bakal kasineb pada Jumat (12/9). Menjelang akhir-akhir pelaksanaan karya, jumlah pemedek yang tangkil untuk melakukan persembahyangan mulai berkurang.

Sekretaris Karya Aji Mangku Putu, Selasa (9/4) mengungkapkan, jika jelang pelaksaan karya yang bakal kasineb pada 12 April, jumlah pemedek yang tangkil masih tetap ramai. Hanya saja, jumlah pemedek yang tangkil tidak membludak seperti minggu sebelumnya yang sampai berdedak-desakan hampir di seluruh pintu masuk pura Penataran Agung.

Baca juga:  Sampai 15 Agustus, Kumulatif Kasus COVID-19 di Bali Lampaui 4.000 Orang

“Pemedek yang tangkil masih terus berdatangan. Tapi tidak seramai pekan lalu. Untuk hari ini, pemedek yang tangkil landai. Tapi lumayan ramai. Ini wajar, pemedek tak sampai semembludak pekan lalu karena upacara menjelang akhir,” ujarnya.

Untuk upacara nganyarin tetap berjalan seperti biasa. “Untuk penganyar dari provinsi berlangsung pukul 11.00 Wita,” jelasnya.

Aji Mangku Putu mengimbau para pamedek yang sebelumnya belum sempat tangkil ngaturang bakti bisa tangkil sekarang ini. Karena bila tangkil sekarang ini, tidak sampai mengantre lama hingga berjam-jam sampai ke Pura Penataran Agung.

Baca juga:  Angin Puting Beliung Landa Banjarangkan, Belasan Rumah Rusak dan Bale Piasan Roboh

Karena pamedeknya yang tangkil ramai lancar. “Kalau pekan lalu pamedek atre cukup lama sampai bisa masuk Pura Penataran Agung. Tapi, kalau sekarang bisa langsung masuk karena tak ngantre lagi,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *