GIANYAR, BALIPOST.com – Debu vulkanik dari erupsi Gunung Agung pada Kamis (4/4), cukup dirasakan oleh masyarakat di seputaran Kecamatan Tegallalang. Debu vulkanik ini nampak terpapar pada sejumlah kendaraan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar yang mengetahui kondisi ini lansung turun membagikan seribuan masker kepada masyarakat. Kepala BPBD Gianyar A.A. Gde Oka Digjaya dikonfirmasi menerangkan awalnya pihaknya menerima laporan staf di wilayah Tegallalang terkait keluhan masyarakat dengan mata yang perih, serta kendaraan yang nampak dikotori debu vulkanik.

Baca juga:  Jika Internet Diputus saat Nyepi, Mitigasi Bencana di Karangasem akan Terganggu

“Staf ke luar rumah, kok matanya perih, kemudian dilihat pada sepeda motor ada debu seperti itu. Ya, ini sesuai dengan laporan erupsi Kamis dini hari sekitar pukul 02.00 wita,” katanya.

Menerima laporan ini, pihaknya pun langsung menurunkan tim membagikan masker di wilayah Tegallalang. Tim ini dominan menyasar warga yang beraktivitas pagi di jalan, pasar dan sekolah. “Warga yang ke sekolah dan ke pasar itu yang menjadi atensi, sehingga masyarakat sedini mungkin mengetahui dan antisipasi hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Baca juga:  Pilkel Serentak, Dua Srikandi Tumbang

Dikatakan hujan debu vulkanik hanya dirasakan di Kecamatan Tegallang pada Kamis pagi. Sementara wilayah lain belum ada laporan. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *