Rumah warga di Karangasem rusak ditimpa pohon. (BP/istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bencana alam yang melanda Kabupaten Karangasem mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Berdasarkan data dari BPBD Karangasem, kegugian akibat bencana di awal tahun 2019 mencapai Rp 4 miliar lebih.

Kepala Pelaksana (kalak) BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa menjelaskan, fasilitas pemerintah dan rumah warga yang rusak akibat bncana alam tersebar di delapan Kecamatan. Terbanyak di Kecamatan Manggis, serta Abang. “Kerugian materiil akibat bencana alam yang melanda Karangasem 1 Januari 2019 hingga sekarang mencapai sekitar 4 milliar. Meliputi kerusakaan perumahan, jalan, jembatan, serta jukung nelayan di Karangasem,” ujarnya.

Baca juga:  KPU Karangasem Sosialisasikan Kebijakan dan Tahapan Pilkada

Arimbawa mengatakan, berdasarkan hasil pengecekan sementara di lapangan, kerusakan rumah dan warung di Karangasem mencapai sekitar 15 sampai 25 unit akibat tertimpa pohon perindang, tergerus aliran sungai dan diguyur hujan, serta dihantam material longsoran. “Kerusakannya bervariasi. Ada rusak ringan, sedang, dan rusak berat. Untuk jembatan kerusakannya memang berat, karena jalanan putus,” imbuh IB Arimbawa.

Atas kondisi ini, Arimbawa menjelaskan, pihaknya akan mengusulkan bantuan pascabencana ke pemerintah Provinsi Bali untuk kerusakan rumah dan warung, serta jukung nelayan. “Untuk kerusakan fasilitas pemerintah dan jalanan bisa pakai dana pemeliharaan masing-masing OPD,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Tambahan Kasus COVID-19 Bali Kembali Naik di Atas 300!
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *