TNI panen raya di Subak Belong. (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Kodim 1616/Gianyar bekerjasama dengan Distan Kabupaten Gianyar menggelar panen padi perdana di Subak Belong Desa Pejeng Kaje Kecamatan Tampaksiring pada Selasa (23/10). Padi yang dipanen merupakan Padi jenis hibrida intani 602 dan 301.

Dandim 1616/ Gianyar Letkol Kav Asep Noer Rokhmat S.E kesempatan itu mengatakan kegiatan panen raya ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah, yang bekerja sama dengan TNI dan Dinas Pertanian sebagai leading sektor. “Jadi secara bersama kita melakukan uji coba produk unggulan serta pengawasan kegiatan pertanian untuk memperoleh hasil yang lebih bagus, demi menuju swasembada pangan dan ketahanan pangan,” ucapnya.

Baca juga:  Wabup Hadiri Mecaru Balik Sumpah di Pura Batur Cemenggaon

Dikatakan inovasi baru penting dilakukan sebagai upaya memperoleh terobosan dalam meningkat hasil produksi pertanian. “Kodim 1616/Gianyar dalam hal ini siap mendukung dengan mengerahkan unsur Babinsa untuk mendampingi,” kata Dandim 1616/Gianyar.

Pelaksanaan panen Perdana di Subak Belong ini di gunakan sistem pengubinan dengan ukuran 2,5 x 2,5 meter. Sistem ini bertujuan untuk mengetahui hasil perkiraan produksi seluas 16 hektar dan jenis padi unggulan Hibrida Intani 301.

Baca juga:  Dengan Gotong-royong, Proyek Jalan ke Pura Dikebut

Dikatakan dengan pengubinan luas yang sama diperoleh hasil 8 ton. “Sehingga dapat disimpulkan hasilnya tergolong tinggi,” ujar Kadistan Kabupaten Gianyar, I Made Raka. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.