Suasana di wantilan UPTD Pertanian Rendang kosong karena pengungsi Gunung Agung sudah balik ke rumah masing-masing. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Ratusan warga yang sebelumnya mengungsi di Kecamatan Rendang, Karangasem akibat meningkatnya aktivitas Gunung Agung kini mereka sudah tidak lagi mengungsi. Mereka mulai kembali ke kampung halaman.

Mereka memilih pulang, mengingat aktivitas Gunung Agung mulai sedikit terlihat tenang. Koordinator Logistik di Posko Pengungsian di UPTD Pertanian, I Wayan Sudiarta, Minggu (16/9), mengungkapkan, sudah tidak ada lagi warga yang mengungsi di kecamatan Rendang.

Baca juga:  PVMBG Sebut Gunung Agung Berkategori Paling Eksplosif

Sebelumnya, diakui, memang ada ratusan warga dari Kesimpar Besakih, Sebudi dan Lebih, bertahan di pengungsian yang tersebar di sejumlah titik di Rendang. “Sekarang sudah tidak ada lagi warga yang mengungsi. Mereka semua sudah balik ke kampung halaman masing-masing. Warga mulai tidak mengungsi lagi sekitar dua pekan,” ucapnya.

Sudiarta menambahkan, mereka memilih kembali ke kampung halaman karena melihat aktivitas Gunung Agung mulai sedikit tenang. “Mungkin mereka juga sudah mulai jenuh mengungsi. Karena melihat Gunung Agung tenang mereka memutuskan diri untuk kembali. Namun, jika memang nanti aktivitas Gunung Agung kembali naik dan warga mengungsi lagi, kita siap kembali menampung mereka di pengungsian. Tapi kita harap Gunung Agung bisa terus tenang dan warga tidak sampai mengungsi lagi,” jelas Sudiarta. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Pengungsi Mandiri di Gianyar Perlu Logistik
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *