Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin. (BP/son)

TANGERANG, BALIPOST.com – PT Angkasa Pura II menyediakan layanan golf car assistance berbasis IoT yang berlokasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Golf car assistance ini bertujuan untuk mempermudah penumpang menuju gate keberangkatan.

“Dalam momen mudik ini, fasilitas seperti ini dibutuhkan dan semakin memberikan kenyamanan bagi para penumpang yang akan menggunakan transportasi udara sebagai pilihannya,” kata President Director Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin di Tangerang, Sabtu (16/6).

Menurut Awaluddin, terdapat sebanyak 36 unit golf car assistance yang tersebar di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Adapun titik-titik lokasi di Terminal 3 untuk menggunakan layanan ini yaitu di area keberangkatan domestik gate 15 dan gate 13 (priority), area kedatangan domestik gate 24, gate 18, dan gate 14 (priority), selanjutnya di area keberangkatan internasional gate 9, dan yang terakhir adalah di kedatangan internasional gate 5.

Baca juga:  Nasional Masih Catat Tren Penurunan Kasus COVID-19, Bali Satu Digit

Awaluddin mengatakan, Terminal 3 merupakan terminal yang luas, dan AP II ingin memberikan pelayanan terbaik sehingga penumpang merasa nyaman dan mempermudah mereka hingga gate yang dituju. Golf car assistance ini memiliki waktu operasional selama 24 jam, sehingga penumpang tidak perlu khawatir, karena akan dilayani setiap waktu.

Satu unit golf car assistance, kata Awaluddin, dapat menampung maksimal 5 pax tiap perjalanan. Tidak perlu menunggu hingga golf car penuh untuk menggunakannya pada saat bukan jam sibuk. Saat ini AP II telah melengkapi fasilitas IoT (Internet of Things) dengan menggunakan teknologi beacon pada golf car yang ada di terminal 3, dengan fasilitas ini para penumpang dapat melihat melalui monitor yang disediakan pada Gate 15 dimana posisi masing-masing golf car yang ada di Terminal 3 dan melihat kapan estimasi ketersedian golf car yang ada, sehingga dapat memudahkan para penumpang untuk berpindah antar gate di Terminal 3. “Fasilitas ini juga nantinya akan diintergrasikan dengan aplikasi Indonesia Airports,” paparnya.

Baca juga:  Tarif Baru PCR Mulai Berlaku 17 Agustus, Ini Besarannya di Jawa-Bali

Awaluddin menambahkan, AP II akan terus mengembangkan fasilitas dan pelayanan di terminal, dan diharapkan ke depannya fasilitas seperti ini dapat diimplementasikan terminal lainnya di Bandara Soekarno-Hatta. Untuk mengevaluasi layanan golf car assistenace ini tim internal AP II juga dilengkapi dengan aplikasi GOCA (Golf Car Assistant) untuk merating layanan dari masing-masing petugas golf car.

Aplikasi ini digunakan untuk menjaga service level dari layanan yang diberikan. “AP II akan terus berinovasi untuk meningkatkan layanan kepada seluruh customer di seluruh bandara AP II,” katanya. (Nikson/balipost)

Baca juga:  Kenakan Busana Adat Bali, Ny. Ida Setiawati Promosikan Kerajinan Bali pada Ajang Kriyanusa
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *