Suasana sosialisai pengelolaan sampah di kantor Desa Sukawati. (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Membangun partisipasi masyarakat dalam mengelola sampah terus dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gianyar. Terutama pengelolaan sampah rumah tangga dinilai menjadi tugas yang paling penting.

“Kita ingin membangun partisipasi dan kesadaran masyaratkat mengenai pengelolaan sampah, “ ucap Kepala DLH Gianyar I Wayan Kujus Pawitra saat sosiasliasi di Kantor Desa Sukawati, Selasa (5/6).

Dikatakan sampah merupakan permasalahan kompleks yang menjadi tanggung jawab bersama. Menurutnya program 3R (Reuse, Reduce, Recycle) merupakan cara terbaik untuk menanggulangi sampah. “ Mengelola sampah dengan prinsip 3R dapat dilakukan oleh siapa saja kapan saja dan dimana saja serta tanpa biaya. Hanya dibutuhkan sedikit waktu dan kepedulian kita, ” tutur Kujus Pawitra.

Baca juga:  Bahas Sampah, Komisi II DPRD Badung Minta DLHK Jangan "Lip Service"

Lebih lanjut Kujus Pawitra mengatakan kegiatan ini bukan semata-mata untuk memperingati hari lingkungan hidup, namun juga merupakan program pemerintah daerah dalam mewujudkan Gianyar yang bersih dan nyaman. “Sosialisasi semacam ini akan terus dilakukan ke desa-desa, sekarang kami mulai dari Desa Sukawati yang bertepatan dengan hari lingkungan hidup” imbuh Kujus Pawitra.

Kesempatan tersebut Kujus Pawitra mengapresiasi langkah-langkah Desa Sukawati untuk mendirikan Bank Sampah, serta adanya komunitas Saiber yang terus bergerak sosialisasikan pengolahan sampah bahkan terjun langsung untuk memungut sampah.

Baca juga:  Toko Modern Bodong Makin Marak, Satpol-PP Layangkan Surat Peringatan

Sementara Kepala Desa Sukawati Dewa Gede Dwi Putra mengajak semua intansi masyarakat untuk secara bersama menggangaungkan pengelolaan sampah, demi menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

“Harapannya dengan mengikutsertakan para tokoh masyarakat, PKK, dan Kelian mampu menjadi penyambung lidah atau perpanjangan tangan dari daerah ke desa dan keseluruh masyarakat, “ katanya. (manik astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *