Aryani Tedjamulja (baju biru) bersama putra dan putri almarhum A.A. Ngurah Agung di Puri Agung Gianyar. Inzet: A.A Ngurah Agung (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Salah seorang tokoh dari Puri Agung Gianyar, yakni A.A. Ngurah Agung meninggal pada Minggu malam (13/5) sekitar pukul 23.00 wita. Adik kandung dari mantan Bupati Gianyar, A.A. Gede Agung Bharata meninggal di usia ke 50 tahun.

Rencananya, pelebon akan dilangsungkan pada Soma Umanis Sungsang, Senin (21/5) mendatang. Kini, jenazah almarhum telah disemayamkan di rumah duka Puri Gianyar pada Senin (14/5).

Istri almarhum, Aryani Tedjamulja menjelaskan, kondisi kesehatan suaminya mulai menurun sejak awal Maret 2018 ini. Setelah mendapat pengecekan dokter baru ketahuan bahwa A.A. Ngurah Agung menderita kanker paru-paru. “Sebelumnya tidak ada gejala, sesak nafas tidak ada,“ ucap perempuan yang akrab disapa Ninik ini.

Baca juga:  Disnak Ambil Sampel Ternak Babi "Suspect" MSS

Ditegaskan, sebelum di vonis menderita kanker paru-paru stadium IV, Ninik tidak melihat gelagat aneh dari suaminya ini. “Gejala hampir tidak ada. Bahkan 31 Januari 2018, kita berdua rayakan ultah bareng. Gak ada yang aneh,” ujarnya.

Diakui, A.A. Ngurah Agung sudah beberapa kali keluar masuk rumah sakit. Pertama kali, ia dirawat di RS Wangaya. Namun karena kondisi kesehatannya semakin menurun, akhirnya dirujuk ke RSUP Sanglah Denpasar. Tak ada perubahan signifikan, A.A Ngurah Agung pun sempat menjalani perawatan di RS Siloam dan menjalani operasi by pass saluran empedu yang buntu di RS Bali Med. “Sempat pulang waktu Nyepi. Tapi awal April kembali kolaps, langsung masuk ICU RS Sanjiwani,” jelasnya.

Baca juga:  Kasus Melandai, Uji Spesimen Sehari Hanya Sampai 10 Sampel

Sempat menjalani perawatan namun tidak ada perubahan. Akhirnya A.A. Ngurah Agung pun diajak berobat ke RS Prima Medika Denpasar. “Sempat ke Prima Medika, tapi balik lagi ke RS Sanjiwani Gianyar karena dokter sudah nyerah. Biar deket sama juga sama keluarga di Gianyar. Karena sudah tidak bisa dikemo atau diradiasi,” terangnya.

Diketahui, A.A. Ngurah Agung sempat menjadi calon wakil Bupati Gianyar, mendampingi Cokorda Gde Putra Nindya selaku selaku calon Bupati Gianyar pada pilkada 2013. Namun pasangan paket “Ning” ini dikalahkan oleh paket Bagus (A.A. Gede Agung Bharata-Agus Mahayastra). (manik astajaya/balipost)

Baca juga:  Tingkat Kesembuhan COVID-19 di Bali Hampir Capai 87 Persen
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *