Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Saat tubuh Anda merasa lelah, cara terbaik adalah tidur. Namun bagaimana jika kelelahan ini terasa saat Anda sedang bekerja di siang hari?

Kopi mungkin jadi jawaban untuk menghilangkan rasa lelah dan kantuk. Namun, meminum kopi saat merasa lelah, bukan menjadi solusi jangka panjang bagi Anda.

Sebab, bila kelelahan terus mendera, itu artinya ada yang salah dengan ritme tubuh Anda. Jadi, Anda perlu membuat beberapa perubahan gaya hidup, mengurangi kafein dan alkohol, makan lebih banyak makanan, dan olahraga yang sehat.

Tapi selain itu, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat Anda lelah. Berikut hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat lelah.

1. Jangan minum banyak kopi dalam sehari

Menenggak beberapa cangkir kopi dalam sehari hanya akan membuat Anda merasa lelah dan lemah. Hal ini menyebabkan tingkat energi dalam tubuh turun. Saat Anda minum kopi, kafein tetap berada di perut hingga lima jam, jadi jika Anda minum kopi lagi dalam waktu lima jam akan berdampak pada gangguan tidur di malam hari.

Baca juga:  Mengingau Saat Tidur, Kenali 3 Tipenya

2. Jangan ke berolahraga ekstrem

Jika terlalu banyak berolahraga, maka Anda akan mengalami kelelahan pada otot. Sebagai gantinya, Anda bisa berolahraga lebih ringan, seperti berjalan kaki dan bersepeda, yang tidak akan menyebabkan kram otot atau cedera. Mengeluarkan semua energi di pusat kebugaran akan membuat Anda merasa lelah dan lemah setelahnya.

3. Jangan tidur siang terlalu lama

Tidur siang untuk waktu yang lama bukanlah ide bagus karena bisa membuat tidur tak nyenyak di malam hari dan membuat Anda merasa lelah keesokan harinya. Anda bisa tidur siang selama 20 sampai 30 menit setiap hari dan jangan lebih untuk menjaga Anda tetap waspada dan aktif.

4. Jangan menyimpang dari waktu tidur normal

Saat lelah, jangan tunda tombol alarm karena bisa mengganggu siklus tidur. Menempatkan pola tidur berubah setiap saat akan membuat Anda lebih lelah dan tidak akan mendapatkan kualitas tidur. Jika Anda tidur 30 menit ekstra dari waktu normal, tubuh meminta waktu lebih banyak untuk tidur.

Baca juga:  Cegah Omicron, Kebijakan Pengetatan Perjalanan Internasional Berbasis Data

5. Jangan konsumsi makanan sampah

Ketika tubuh lelah, Anda cenderung memilih makanan tinggi kalori. Ini bisa jadi tidak sehat dan menyebabkan kenaikan berat badan. Jika Anda ingin memesan makanan cepat saji, carilah makanan yang sehat dan enak juga, seperti sayuran kukus dengan nasi ayam atau nasi merah, yang akan membuat makanan seimbang dan membuat Anda tetap aktif.

6. Jangan menggunakan media sosial

Saat ini, seluruh dunia ada di media sosial dan tidak ada yang bisa lolos. Tapi, Anda bisa lolos dari media sosial untuk sementara waktu saat lelah. Memantau media sosial akan membuat Anda terjaga lebih lama karena cahaya yang datang dari telepon dapat mempengaruhi otak, membuat tidak ingin tidur.

7. Jangan minum alkohol

Jika Anda berpikir meminum segelas anggur akan membuat tertidur, maka Anda benar-benar salah. Minum alkohol sebelum tidur akan mengganggu REM (tipe tidur terdalam) yang akan membangunkan Anda di pagi atau malam hari.

Baca juga:  Dapatkan Kualitas Tidur Terbaik, Ini 6 Tips Mendekorasi Kamar

8. Jangan begadang selama akhir pekan

Tidur larut malam selama akhir pekan akan mengganggu siklus tidur karena Anda akan tidur tanpa alarm dan bangun larut malam serta mendorong tubuh untuk tidur nanti dan bangun nanti dan akan menyulitkan Anda untuk bangun pada Senin pagi.

9. Jangan lakukan yoga yang membutuhkan energi

Yoga pasti membuat pikiran tetap tenang dan melemaskan tubuh. Tapi ada jenis yoga tertentu yang membutuhkan energi dan Anda tidak ingin melakukannya saat sudah lelah. Sebagai gantinya, pilihlah pose yoga seperti pose mayat, pose anak, dan postur yoga lain yang tidak akan meningkatkan detak jantung Anda.

10. Jangan ngemil tengah malam

Jangan mengonsumsi camilan tengah malam saat Anda sudah lelah. Tubuh tidak akan bisa mencerna makanan setelah Anda tidur. Hindari makanan seperti hamburger, keripik, dan makanan berminyak yang bisa menyebabkan mulas dan menyulitkan Anda untuk tidur. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *