NEGARA, BALIPOST.com – Ratusan warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIb Negara mendapat pembinaan dari Satuan Binmas Polres Jembrana, Jumat (19/1).

Sebelumnya para warga binaan ini juga mengikuti senam bersama di dalam lapangan Rutan Negara. Para penghuni rutan yang berasal dari berbagai kalangan itu berbaur mengikuti senam bersama di halaman dalam Rutan Negara.

Kasat Binmas Polres Jembrana AKP Dr I Gusti Ketut Suastika mengatakan pembinaan terhadap polisi khusus (polsus) di Rutan menjadi tugas jajarannya. Senam sengaja digelar sebagai media penyalur pembinaan, disamping itu juga untuk kesehatan.

Baca juga:  Razia Malam di Rutan, Ditemukan Sajam hingga Barang Pecah Belah

Seusai senam, AKP Suastika memberikan pengarahan kepada para warga binaan untuk senantiasa menjalankan kewajiban mereka di rutan. “Apa yang menjadi kewajiban agar dilaksanakan, jalani masa tahanan dengan baik dan ikuti aturan,” terangnya.

Dalam memberikan pembinaan, perwira asal Mendoyo Dauh Tukad ini juga menyelipkan kalimat-kalimat sastra yang memberikan jalan positif. Selain itu kepada Polsus, Binmas juga memberikan pembinaan terkait teknis dan fungsi polsus. “Dalam hal ini Binmas juga sebagai pembina fungsi polsus, yang sifatnya mengawasi lingkungan kerjanya,” terangnya.

Baca juga:  Jelang Galungan, Napi Rutan Negara Dapat Daging Babi

Hal ini juga rutin dilakukan di Polsus lain seperti di Kehutanan, Taman Nasional Bali Barat termasuk pam swakarsa dan satpam.

Sementara itu Kepala Rutan Negara, Purniawal mengatakan kegiatan senam ini sejatinya rutin dilakukan oleh warga binaan dan pegawai di Rutan sebagai upaya pembinaan kepribadian. Dengan adanya Binmas juga sebagai bentuk sinergisitas antara Polres dengan Rutan Negara. Saat ini ada sekitar 114 warga binaan dan dalam kegiatan tersebut semuanya mengikuti. (surya dharma/balipost)

Baca juga:  Turis Prancis Terlibat Sindikat Narkoba Bali-NTB
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *