Wisatawan di Bandara Ngurah Rai. (BP/dok)
MANGUPURA, BALIPOST.com – Turunnya VONA dari red ke orange membuat otoritas Bandara memutuskan pembukaan operasional Bandara Ngurah Rai mulai Pukul 15.00 Wita, Rabu (29/11) ini. Rapat terkait hal ini dijelaskan Humas Angkasa Pura I, Arie Ahsanurohim, bertempat di Ruang EOC (Emergency Operation Centre) Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Rapat dipimpin Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV Denpasar. Sementara GM PT.Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai Bal, Danlanud Ngurah Rai, GM. Airnav Cabang Denpasar, Kepala BMKG Ngurah Rai, Ketua AOC Denpasar, Kapolsek KP3U Bandara I Gusti Ngurah Rai, dan Basarnas Bali turut hadir.

Baca juga:  Napi Jadi Pengendali Peredaran Narkoba, Ini "Warning" Kepala BNN ke Lapas

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Rabu (29/11) mengambil kebijakan dengan menurunkan VONA (Volcano Observatory For Aviation) dari Red ke Orange. Penurunan itu dilakukan, mengingat kepulan asap mengalami sedikit penurunan dari 3.000 meter ke 2.000 meter dari puncak.

Kepala PVMBG Kasbani, menjelakan, hari ini abu vulkanik yang teramati sekitar ketinggian 2000 meter. Tapi abu vulkanik yang kemarin masih terus bergerak, dan bisa mengganggu penerbangan.

Baca juga:  Sempat Dibilang 80 Orang, Segini Jumlah WN Tiongkok yang Dipulangkan Gunakan China Eastern

“Selanjutnya masalah penerbangan merupakan otoritas bandara. Sementara, abu vulknaik masik berhembus ke arah barat daya,” ucap kasbani. (Parwata/balipost)

.

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *