Pengungsi di Posko Sutasoma akan direlokasi ke posko-posko di Karangasem. (BP/nik)
GIANYAR, BALIPOST.com – Sejumlah pengungsi di Kabupaten Gianyar yang ditempatkan di Lapangan Sutasoma, Sukawati, rencananya akan direlokasi ke Karangasem. Sebab, posko di Karangasem dinilai memungkinkan untuk menampung pengungsi yang ada di Gianyar.

Sebagai langkah awal, BPBD Gianyar akan selektif menerima pengungsi di Posko Sutasoma, Sukawati. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar, AA Oka Digjaya, Rabu (22/11) membenarkan dalam waktu dekat, sisa pengungsi di Posko Sutasoma yang masih 102 orang akan direlokasi ke posko di Karangasem. “Tunggu perkembangan. Karena di sini sedikit. Akan ditarik oleh Karangasem,” ungkapnya.

Baca juga:  Kesehatan Kuda Dokar Denpasar City Tour Dicek

Oka Digjaya juga menegaskan keputusan tersebut merupakan hasil komunikasi dengan Kalak Bali. Dikatakan pria yang akrab disapa Gung Digjaya ini, mengungsi di posko Karangasem akan memudahkan warga yang hendak pulang. “Pengungsi akan lebih dekat dengan kampung halaman,” ujarnya.

Ia juga mengatakan lebih selektif menerima pengungsi. Terutama, jika posko-posko pengungsian di kawasan Karangasem masih memadai untuk menampung pengungsi. “Jadi pengungsi baru yang masuk ke Sutasoma akan kami arahkan ke posko terdekat di Karangasem,” jelasnya.

Baca juga:  Terbayang Tragedi 1963, Pengungsi Dirundung Waswas Rayakan Galungan

Bukan berarti pihaknya menolak pengungsi baru. “Artinya bukan menolak, tapi lebih kepada efektivitas dan efisiensi. Apalagi kalau Karangasem masih memadai untuk menampung. Logikanya, kenapa harus jauh-jauh ke sini (Gianyar, red) sementara posko terdekat ada,” terangnya.

Posko Sutasoma yang sebelumnya merupakan bangunan los sementara untuk pedagang pasar Seni Sukawati pun akan dikembalikan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan. “Kalau di sini sudah habis, kita serahkan bangunan ini kembali ke Disperindag,” jelasnya.

Baca juga:  Dua Bulan Lebih di RS, Ketua Yayasan PR Saraswati Berpulang

Sementara untuk logistik yang sudah terkumpul, juga akan disalurkan kembali ke posko pengungsian yang memerlukan. “Logistik di sini masih banyak, jika ini sudah kosong maka bantuan ini akan juga di drop ke posko Karangasem,” jelasnya. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *