BOJONEGORO, BALIPOST.com – Wayang merupakan kesenian asli Indonesia yang telah diakui dunia dan tersebar di berbagai daerah. Salah satunya di Kabupaten Bojonegoro.

Bojonegoro memiliki wayang yang khas, yakni Wayang Thengul. Salah satu warga yang terus melestarikan kesenian Wayang Thengul adalah Sri Joko. Dalang berusia 60 tahun ini adalah warga Desa Jati Blimbing, Kecamatan Dander, Bojonegoro.

Ia sudah menggeluti dunia pewayangan ini sejak duduk dibangku sekolah dasar. Secara sekilas, katanya, wayang ini terlihat seperti jenis wayang golek pada umumnya. Namun, yang membedakan Wayang Thengul ini adalah memiliki bentuk tiga dimensi.

Baca juga:  Kuliner Unik, Bakso Berbentuk Tumpeng

Bahannya dari kayu dilengkapi dengan busana atau pakaian. Menurut sejarah, Wayang Thengul khas Bojonegoro ini sudah ada sejak ratusan tahun silam.

Bahkan, dikatakannya, sudah ada sejak awal masuknya Islam di tanah Jawa, terutama di wilayah yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Timur dan Tengah.

Agar kesenian Wayang Thengul tidak punah ditelan zaman, Sri Joko pun berusaha menularkan kesenian ini kepada para generasi muda. Tak pelak, sejumlah pelajar dan mahasiswapun kerap belajar tentang dunia pewayangan bersamanya. (kmb/surabayatv)

Baca juga:  Pascatemuan Puluhan Pedagang Hasil Rapidnya Reaktif, Pasar Bojonegoro Ditutup
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *