Penilaian Lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Tingkat Provinsi yang dilaksanakan di SD Negeri 5 Sebatu. (BP/ist)
GIANYAR, BALIPOST.com – Penilaian Lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Tingkat Provinsi dilaksanakan di SD Negeri 5 Sebatu selaku wakil dari Kabupaten Gianyar. Penilaian ini dipimpin oleh wakil ketua PKTP Provinsi Bali Cokorda Gede Dharmayuda. Tim penilai disambut Wakil Bupati Gianyar Made “Agus” Mahayastra bersama Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra dan kepala sekolah SD Negeri 5 Sebatu beserta para siswa SD Negeri 5 Sebatu dan siswa SMP Negeri 2 Payangan, Kamis (12/10).

Ketua tim penilai Ny. Ayu Pastika dalam sambutannya yang dibacakan Cokorda Gede Dharmayuda mengatakan, dengan adanya lomba PKTP ini bukan hanya sekedar kegiatan akan tetapi kegiatan ini akan terus dilaksanakan dan ditingkatkan. Supaya pemahaman akan bahaya kanker betul-betul dipahami pencegahan sejak dini serta menginfomasikan ke masyarakat pada umumnya sehingga timbul kesadaran diri untuk menjaga dan menerapkan pola hidup sehat.

Baca juga:  Bangkitkan Kain Endek, Wabup Agung Mayun Buka Lomba Busana Adat Ke Kantor

Karena berdasarkan data WHO hanya 5-10% saja kanker disebabkan oleh factor genetic/keturunan, selebihnya disebabkan oleh gaya hidup, pola makan, dan konsumsi minuman keras/alcohol atau merokok, kegemukan dan kurang olahraga. Permasalahan kanker berikutnya kebanyakan penderita kanker datang dalam keadaan terlambat. Keterlambatan disebabkan karena biaya pengobatan yang tinggi, pengertian dan kesadaran akan kanker masih kurang, informasi yang salah, serta adanya rasa takut untuk memeriksakan diri.

Keterlambatan juga disebabkan dari tenaga medis akibat kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam penatalaksanaan medis serta tidak memiliki jejaring kerja yang memadai. Keterlambatan juga dapat disebabkan karena keterlambatan rumah akibat fasilitas pelayanan yang belum memenuhi standar.

Ketua Yayasan kanker Indonesia cabang Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan telah melakukan berbagai hal bersama PKK dengan dukungan dari Pemkab Gianyar untuk mencegah kanker sejak dini meliputi : melakukan koordinasi lintas sektoral secara lebih intensif karena penyebab kanker yang multi factorial, orientasi guru sekolah, mensosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat, penyuluhan kanker anak sekolah, pembentukan kelompok peduli kanker melalui kegiatan simulasi serta melakukan pelayanan deteksi dini dengan metoda IVA.

Baca juga:  Wisatawan Mulai Kembali ke Gianyar, Tirta Empul Masih Sepi

Kepala sekolah SD Negeri 5 Sebatu juga menambahkan bahwa ia selalu mengajarkan anak untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, melakukan penanaman toga, menjaga kesehatan lingkungan, membasmi jentik nyamuk, serta kegiatan gosok gigi bersama karena menjaga kesehatan harus dimulai dari pola hidup yang bersih dan sehat serta lingkungan yang bersih. Adapun kategori yang dinilai dalam perlombaan PKTP tahun ini meliputi: Kegiatan administrasi dan organisasi, kegiatan penanggulangan kanker, penyuluhan, kebersihan lingkungan sekolah, simulasi serta hasil yang dicapai.

Wakil Bupati Gianyar Agus Mahayastra mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Gianyar telah meningkatkan anggaran vaksinisasi dari tiga miliar tahun 2015 menjadi enam miliar pada tahun 2017 sehingga diharapkan dapat mencegah meningkatnya penderita kanker di Kabupaten Gianyar serta bagi penderita kanker agar memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih memadai mengingat penyakit kanker yang semakin dini ditemukan sehingga kesembuhan yang diharapkan juga semakin tinggi. Ia juga menghimbau kepada dinas kesehatan untuk memonitoring dan mengevaluasi kegiatan PKTP sebaik-baiknya sehingga dapat dirasakan memberikan perlindungan khususnya bagi warga sekolah di Kabupaten Gianyar dari bahaya kanker.

Baca juga:  Lomba Gambar Sport Mania Faber-Castell, Ini Pemenangnya

Sebelum tim penilai melakukan penilaian, SD Negeri 5 Sebatu mempersembahkan lagu mars dan hymne kanker dan ucapan terima kasih dari Agus Mahayastra atas kesiapan SD Negeri 5 Sebatu dan SMP Negeri 2 Payangan dalam menyambut lomba PKTP. Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim penilai “Disamping memberikan penilaian juga kami berharap sekaligus dapat memberikan pembinaan-pembinaan sehingga upaya penanggulangan kanker terpadu di Kabupaten Gianyar dapat berjalan dengan baik,” ujarnya. (adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *