Gula. (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – Kebanyakan orang suka mengonsumsi makanan manis. Sebab, makanan manis dipercaya mampu menurunkan tingkat stres seseorang.

Namun, makan makanan manis secara berlebihan akan memicu beragam penyakit. Lalu, bagaimana caranya kita mengenali gejala sudah kelebihan mengonsumsi makanan manis alias gula?

Ada baiknya, Anda mulai memperhatikan 5 tanda ini :

1. Sering lapar

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Appetite menunjukkan bahawa asupan gula tinggi dapat mencegah glukosa memasuki sel-sel tubuh. Akibatnya, tubuh tidak mendapatkan cukup energi dan sering merasa lapar.

Baca juga:  Disperindag Bali Siapkan Operasi Pasar di 4 Pasar Rakyat

2. Jerawat

Makanan tinggi gula bisa mendatangkan malapetaka pada kulit. Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Academy of Nutrition and Dietetics mengemukakan asupan gula yang tinggi dapat menyebabkan jerawat semakin parah.

3. Kelelahan

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychosomatic Research mengatakan, jika Anda mengemasi makanan dengan gula halus seperti selai roti, Anda dapat merasa lelah sepanjang hari. Jadi jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, coba batasi asupan gula Anda.

Baca juga:  IMB Unit Kanker RSBM Sudah Terbit, Pemprov Diminta Lengkapi Izin Bapeten

4. Lemak perut

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition, minuman yang mengandung gula dapat membuat berat badan Anda naik, terutama di sekitar lingkar pinggang.

5. Kolesterol tinggi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medicinal Food, kolesterol tinggi bisa menjadi pertanda terlalu banyak gula dalam diet Anda. banyaknya gula dapat meningkatkan kolesterol buruk (LDL) dan menurunkan kolesterol jahat (HDL) dalam tubuh. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.