NEGARA, BALIPOST.com – Jumlah pemudik yang keluar Bali saat arus mudik lalu, masih lebih banyak dibanding yang kembali saat arus balik. Dari data yang dihimpun di ASDP Gilimanuk, selama arus balik H+1 sampai H+9 Lebaran tercatat 419.307 orang penumpang yang menyeberang ke Bali.

Dibandingkan dengan saat arus mudik lalu masih kurang 40.186 orang. Saat arus mudik itu jumlah penumpang mencapai 459.493 orang penumpang.

Baca juga:  Sastra Dresta: Atasi Wabah Upacara Keagamaan Ditiadakan

Selain itu, kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang telah masuk Bali juga belum menyamai dibanding yang keluar Bali. Teranyar sudah 69.066 kendaraan roda dua dan 49.610 unit roda empat.

Dari data yang tersebut, sejak 10 hari masa arus mudik lalu, ada 94.366 kendaraan roda dua dan sebanyak 53.833 roda empat yang diseberangkan keluar Bali. Sehingga masih ada kurang 25.300 unit roda dua dan 4.223 unit roda empat.

Baca juga:  Puluhan Kios Lantai II Pasar Semarapura Rusak Berat

Manager ASDP Pelabuhan Gilimanuk, Heru Wahyono, kepada wartawan mengatakan dari perbandingan arus balik arus mudik masih belum setara. Namun tidak menutup kemungkinan jumlah itu bisa setara bahkan meningkat ketika sama-sama memasuki 10 hari.

Hingga Kamis (6/7), menurutnya, kendaraan yang masuk masih cukup padat. Rata-rata 50.000 orang penumpang per harinya.

Dengan kondisi ini diperkirakan penduduk pendatang (duktang) yang masuk Bali selama arus balik meningkat. Jumlah itu didominasi kalangan wiraswasta yang tidak terikat waktu. Begitu juga faktor masih liburnya siswa hingga Senin (10/7). (Surya Dharma/balipost)

Baca juga:  Sudah Jalani PPKM Level 3, Kasus Baru di Bali Naik Lagi ke Dua Ratusan
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *