Es Krim salah satu makanan pemicu gigi sensitif. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Gigi sensitif merupakan masalah pada gigi yang sering dijumpai. Namun, tidak sedikit orang yang menganggapnya wajar.

Padahal, kondisi ini bisa mengganggu aktivitas seseorang. Anda akan merasa tidak nyaman saat makan, minum, menyikat gigi, bahkan saat bernapas.

Jika gigi Anda sensitif, berhati-hatilah dalam memilih makanan. Berikut beberapa jenis makanan bisa membuat gigi mudah ngilu, dikutip dari klikdokter.com:

1. Acar

Baca juga:  Dari Karyawan Distro Ditangkap hingga Nihil Tambahan Korban Jiwa COVID-19

Makanan pelengkap ini banyak disukai karena rasanya yang segar. Ada juga yang menganggapnya sebagai ‘penyeimbang’ ketika menyantap makanan berlemak, sehingga membuat rasa bersalah agak berkurang. Tapi sayang, kandungan cuka pada acar dapat membuat gigi mengalami erosi.

2. Orange squash atau lemon squash

Minuman yang menyegarkan ini ternyata memiliki kombinasi yang sukses membuat gigi jadi sensitif! Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk dan lemon memang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi jika ditambah soda dan gula maka dapat mengiritasi langsung saraf gigi.

Baca juga:  Tambahan Kasus COVID-19 Nasional Turun Lagi ke Belasan Ribu Orang

3. Es krim

Menikmati es krim sebagai hidangan penutup adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh para sweet tooth. Tapi, es krim mengandung kadar gula tinggi yang dapat membuat gigi tambah sensitif.

Pada orang yang memiliki gigi sensitif, lapisan email yang berfungsi sebagai pelindung sudah mengalami kerusakan. Akibatnya, suhu dingin dari es krim bisa sangat mengganggu.

Agar gigi sensitif tidak bertambah parah, hindarilah makanan-makanan tersebut. Selain itu, cara Anda menyikat gigi juga perlu diperhatikan.

Baca juga:  1,4 Juta Produk Makanan di Indonesia Bersertifikat Halal

Sikatlah gigi dua kali sehari, dengan gerakan vertikal dan sedikit memutar memijat gusi. Pilih bulu sikat yang lembut dan pasta gigi ber-flouride yang dapat mengurangi ngilu pada gigi. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *