Sekolah
Suasana belajar mengajar di sekolah. (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – Ujian Sekolah (US) tingkat Sekolah Dasar (SD) yang akan mulai digelar Senin (15/5). Persiapan dilakukan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Denpasar.

Kegiatan diawali dengan melakukan pendistribusian soal-soal mata pelajaran ke UPT Disdikpora Kecamatan. Masing-masing sekolah akan mengambil soal tersebut pada hari pelaksanaan ujian.

Menurut Kabid Pembinaan SD Disdikpora Denpasar Drs. Ketut Sudana pelaksanaan US SD sudah siap diikuti seluruh SD di Denpasar. Selama sepekan ke depan, Seluruh SD baik negeri maupun swasta secara bersamaan menggelar US.

Baca juga:  Soal Puluhan Siswa Tak Diizinkan US, Disdikpora Bali akan Panggil Kasek SMKN 4 Bangli

Dikatakan, US SD sedikit berbeda dengan ujian yang dilakukan di jenjang pendidikan SMP dan SMA/SMK. Terutama soal pengadaan soal.

Kalau SMP dan SMA/SMK, kisi-kisi soal datang dari pusat. Sedangkan untuk SD, pembuatan soal dilakukan di masing-masing Disdikpora. “Soalnya semua kita yang membuatnya dan kemudian didistribusikan ke masing-masing sekolah,” katanya.

Sudana menambahkan, jadwal pertama mata pelajaran yang diperoleh, yakni Bahasa Indonesia (Senin), kemudian mata pelajaran Matematika (Selasa) dan Rabu untuk mata pelajaran IPA. Hari berikutnya akan dilanjutkan dengan mata pelajaran muatan lokal.

Baca juga:  Melasti, Pantai Padanggalak Mulai Dipadati Umat

Apabila siswa tidak bisa mengikuti US pada jadwal utama, maka bisa melakukan susulan. Ujian susulan ini akan digelar pada Senin (22/5) hingga Rabu (24/5) mendatang.

Pada US SD tahun ini, jumlah peserta ujian tercatat 13.894 orang siswa yang berasal dari 230 SD di seluruh Denpasar. Dari jumlah itu, sebanyak 168 SD negeri dan sisanya merupakan sekolah swasta dan madrasah. (Asmara Putera/balipost)

Baca juga:  Maju Ke Seleksi Nasional, Perwakilan Bali Ikuti Penjurian Virtual AHM Best Student 2020
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *