Candi Bentar Pura Kehen Rusak
Atas candi bentar Pura Kehen rusak akibat gempabumi, Rabu (22/3). (BP/ist)
BANGLI, BALIPOST.com – Guncangan gempabumi berkekuatan 5,6 SR yang terjadi pada pukul 07.10 Wita di Bali ternyata mengakibatkan kerusakan di Bangli. Menurut Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bangli, Ketut Agus Sutapa, akibat gempa tersebut bagian atas Candi Bentar jaba sisi Pura Kehen mengalami kerusakan.

Ia mengatakan diperkirakan kerugian sekitar 10 juta rupiah. Kerusakan juga terjadi di palinggih Merajan Agung Puri Jehem, Kecamatan Tembuku. Selain itu palinggih di Merajan Nengah Mawah di Desa Abuan juga roboh akibat guncangan gempa. Diperkirakan kerugian mencapai Rp 15 juta.

Tak hanya itu, ia mengatakan seorang pengunjung Pasar Kidul mengalami luka ringan akibat panik. “Sudah mendapat penanganan medis dari PMI,” katanya.

Baca juga:  Data Sementara, Gempa Hanya Akibatkan Kerusakan Ringan
Pada Rabu (22/3) tepat pukul 07:10:27 Wita wilayah Selatan Bali dan Lombok diguncang gempabumi tektonik berkekuatan 5,6 SR. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.79 LS-115.19 BT, tepatnya di Samudera Hindia pada jarak 12 km arah tenggara Kota Denpasar pada kedalaman 125 km.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shake map) menunjukkan bahwa, wilayah Selatan Bali seperti Kuta, Tabanan, Mataram mengalami guncangan dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau III-IV MMI. Kemudian Banyuwangi, Taliwang, Karangkates, Sawahan, dan Bima dengan skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI).

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan oleh hampir semua orang di provinsi Bali. Hingga beberapa warga sempat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *