Berbagai produk Sake, minuman beralkohol khas Jepang dipajang di sebuah toko. (BP/dokumen japan-guide.com)

DENPASAR, BALIPOST.com – Setiap negara di dunia memiliki minuman khasnya masing-masing. Arak Bali pun ditarget bisa menjadi ikon dan dibawa wisatawan sebagai oleh-oleh ke negaranya.

Berikut tujuh minuman beralkohol yang menjadi ikon sebuah negara dilansir dari berbagai sumber :

1. Soju

Soju merupakan minuman distilasi asal Korea Selatan. Bahan dasar soju adalah beras, tapi sebagian besar produsen soju memakai bahan tambahan atau bahan pengganti beras, seperti kentang, gandum, jelai, ubi jalar, atau tapioka. Minuman ini semakin terkenal di dunia internasional seiring dengan populernya budaya Korea.

Baca juga:  Gubernur Koster Serahkan Penghargaan Lomba Desain Kemasan Arak Bali

2. Sake

Minuman beralkohol asal Jepang satu ini merupakan hasil dari fermentasi beras, sehingga sering juga disebut anggur beras. Sake didesain untuk selera orang Jepang yang bebas dari pengaruh budaya lain. Minuman ini juga kerap digunakan dalam upacara adat, seperti ritual pemurnian Shinto, kagami biraki, hingga untuk menyambut perayaan tahun baru.

3. Baijiu

Baijiu merupakan minuman alkohol khas China berwarna bening yang disuling dari biji-bijian yang difermentasi, biasanya menggunakan sorgum. Baijiu memiliki kandungan alkohol yang tinggi, antara 40% hingga 60% berdasarkan volume, dengan aroma yang kuat dan memabukkan.

Baca juga:  Bali Dilirik Importir Mikol

4. Bourbon

Diproduksi di Bourbon County, Kentucky, Amerika Serikat, pembuatan wiski ini didasarkan pada peraturan khusus. Setidaknya bahan baku bourbon harus terdiri dari 51% jagung, dan selebihnya hingga sekitar 70% adalah gandum dan/atau rye, serta malt.

5. Mojito

Minuman beralkohol asal Kuba ini biasanya dibuat dari lima bahan, yaitu rum putih, gula, limun, air soda, dan daun mint. Kombinasi antara rasa manis, segarnya limun, dan mint, dapat menutupi efek keras dari rum. Minuman ini sangat populer saat musim panas tiba.

Baca juga:  Tak Terdampak Erupsi Gunung Agung, Pengungsi dari 51 Desa Karangasem akan Dipulangkan

6. Cachaca

Cachaca merupakan minuman beralkohol hasil distilasi dari Brazil yang terbuat dari jus tebu yang difermentasi. Minuman ini pertama kali dibuat pada tahun 1532 saat petani tebu Portugis pertama kali membawa produk mereka dari Madeira ke Brazil. Kandungan alkohol dalam minuman ini dibatasi di angka 38% hingga 48%.

7. Raki

Raki merupakan minuman beralkohol yang dimaniskan dan kerap dibumbui adas manis. Minuman ini sering disajikan dengan makanan laut dan populer di negara Turki, Albania, Kepulauan Yunani, dan di negara-negara Balkan. (kmb/balipost)

BAGIKAN