Perawatan wajah. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Jika kamu memiliki wajah berjerawat dan sudah mendapatkan perawatan, tapi jerawat pada wajahmu masih belum hilang, mungkin ada beberapa kebiasaan yang perlu kamu perbaiki. Jerawat disebabkan oleh beberapa hal dan setiap orang membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, ada enam kebiasaan yang dapat kamu lakukan untuk membantumu mengatasi jerawat.

1. Jaga Kebersihan Kulit Wajah

Menjaga kebersihan wajah merupakan kebiasaan yang dapat menghilangkan jerawat. Cuci wajahmu dua kali sehari dan setelah berkeringat. Pilih produk pembersih wajah yang lembut. Oleskan produk pembersih dengan ujung jari, jangan menggunakan spons atau alat lainnya karena dapat membuat kulitmu iritasi.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Jerawat, Alami Tanpa Meninggalkan Bekas

2. Pilih Produk Skin Care yang Tepat

Setiap orang memiliki kecocokan terhadap skin care yang berbeda-beda. Gunakan produk skin care yang lembut dan bebas alkohol. Hindari produk yang dapat membuat kulitmu iritasi karena produk tersebut juga dapat membuat kulitmu kering dan memperburuk jerawat.

3. Keramas secara Teratur

Ternyata salah satu penyebab jerawat adalah minyak yang dihasilkan dari rambut. Minyak tersebut dapat menyebabkan jerawat di dahi. Jika rambutmu berminyak, keramaslah lebih sering dan jauhkan rambut dari wajahmu agar tidak menimbulkan jerawat di dahi.

Baca juga:  Dari Dapatkan Vaksin Booster COVID-19 hingga Korban Jiwa COVID-19 Bali Tambah Lagi

4. Jangan Terlalu Sering Mengganti Perawatan

Terlalu sering mencoba metode perawatan atau produk perawatan jerawat baru yang berbeda dapat menyebabkan iritasi kulit dan malah menimbulkan jerawat baru. Berikanlah waktu selama beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk melihat perbedaannya. Jangan terlalu terburu-buru untuk menyimpulkan bahwa perawatan tersebut tidak cocok dengan wajahmu.

5. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Terlalu sering menyentuh wajah dapat menyebabkan jerawat membandel. Mungkin kamu tergoda untuk memencet jerawatmu, tapi sebaiknya kamu menahan godaan itu karena hal itu hanya akan membuat jerawat membutuhkan waktu lebih lama untuk hilang. Selain itu, kebiasaan ini juga menyebabkan munculnya bintik hitam yang disebut hiperpigmentasi.

Baca juga:  Simak, Ini 5 Tanda Kelebihan Gula

6. Jauhi Sinar Matahari

Selain meningkatkan risiko kanker kulit, paparan sinar matahari juga dapat merusak kulit dan memperburuk jerawat. Beberapa obat jerawat juga dapat membuat kulitmu sensitif terhadap sinar ultraviolet. Saat beraktivitas di luar ruangan, kamu bisa menggunakan sunscreen atau tabir surya.

Mengatasi jerawat memang tidak mudah dan tidak bisa dilakukan secara instan, jadi kamu harus bersabar dan mulai menghentikan kebiasaan yang dapat memperburuk jerawat. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *