BPBD Badung mencatat puluhan bencana terjadi sejak Kamis (22/12) malam hingga Jumat (23/12) ini. Sejumlah bencana pohon tumbang telah mendapatkan penanganan. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Jumat (23/12), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Badung Diterjang Puluhan Bencana Pohon Tumbang

MANGUPURA, BALIPOST.com – Hujan disertai angin kencang yang mengguyur Kabupaten Badung sejak Kamis (22/12) lalu, mengakibatkan bencana pohon tumbang. Bahkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mencatat 31 bencana pohon tumbang.

Kepala Pelaksana BPBD Badung Wayan Darma saat dikonfirmasi Jumat (23/12) membenarkan telah terjadi puluhan bencana pohon tumbang. Kondisi ini dipicu oleh hujan lebat disertai angin kencang yang mengguyur Kabupaten Badung sejak Kamis (22/12) malam.

Selengkapnya baca di sini

2. Dua Mobil Tabrakan, Sejumlah Orang Luka-luka

TABANAN, BALIPOST.com – Tabrakan melibatkan dua mobil terjadi di Bypass Ir. Soekarno, tepatnya di banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Jumat (23/12). Beruntung tak ada korban jiwa dalam insiden ini, hanya saja sejumlah orang dibawa ke rumah sakit terdekat lantaran luka yang dialami.

Baca juga:  Mayat Mr. X Ditemukan Nelayan Yeh Leh

Dari informasi yang dihimpun, lakalantas terjadi sekitar pukul 11.15 WITA. Sebelum kejadian, pengemudi mobil dengan plat DK 1830 HR, Serodja Lestari (53) datang dari arah barat menuju timur jurusan Denpasar. Sesampainya di tempat kejadian, pengemudi diduga tidak memperhatikan ada mobil yang dikemudikan I Kadek Sadia Negara (40) asal Mengwitani sedang menyeberang ke arah kanan jalan.

Selengkapnya baca di sini

3. Hujan Angin Semalaman, Pohon Beringin di Lapangan Puputan Badung Tumbang

DENPASAR, BALIPOST.com – Hujan yang disertai angin mengguyur Denpasar, Kamis (22/12) malam hingga Jumat (23/12) dini hari. Cuaca ini menyebabkan sejumlah pohon tumbang.

Baca juga:  Evaluasi Bali Mandara Jilid II, Aliansi BEM Se-Bali Gelar Aksi Demo Tolak Reklamasi

Salah satunya di Lapangan Puputan Badung. Sebuah pohon beringin yang cukup rindang tumbang. Akibat tumbangnya pohon ini, beberapa alat olahraga yang ada di bawahnya tertimpa. Selain itu, satu unit lampu penerangan juga roboh.

Selengkapnya baca di sini

4. Belasan Pantai di Bali Berpotensi Alami Rob

DENPASAR, BALIPOST.com – Adanya fenomena Bulan Baru pada tanggal 23 Desember 2022 dan Perigee (Jarak terdekat bulan ke bumi) pada 24 Desember 2022 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, BMKG Wilayah III Denpasar memprediksi banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia.

Baca juga:  Investasi Masif, Lingkungan Makin Terdegradasi

Banjir rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Bali pada tanggal 22 – 26 Desember 2022.

Selengkapnya baca di sini

5. Hentikan Pembiaran Pelanggaran Tata Ruang

DENPASAR, BALIPOST.com – Perkembangan sektor pariwisata di Bali berdampak cukup besar dalam pemanfaatan ruang di pulau seribu pura ini. Sejalan perkembangan yang ada, banyak bertumbuh investasi-investasi yang memerlukan ruang untuk aktivitasnya. Ironisnya, demi mengejar keuntungan semata, investasi pariwisata dibiarkan menabrak tata ruang yang berakibat rusaknya lingkungan.

Pembangunan sarana prasarana pendukung pariwisata paling kerap kali bersinggungan dengan kebijakan penataan ruang yang dibuat pemerintah. Padahal peranan tata ruang pada hakikatnya dimaksudkan untuk menghindari konflik pemanfaatan sumber daya, mencegah timbulnya kerusakan lingkungan serta meningkatkan keselarasan sejalan dengan filosofi Tri Hita Karana.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN