Ilustrasi. (BP/Istimewa)

JAYAPURA, BALIPOST.com – Kluster COVID-19 dalam ajang PON XX di Papua bertambah. Tercatat hingga Kamis (7/10) jumlah atlet, ofisial dan panitia pelaksana PON XX yang positif COVID-19 bertambah di empat kluster lokasi pertandingan.

Data yang dikutip dari Kantor Berita Antara, penambahan kasus COVID-19 terjadi di Kota Jayapura yang menjadi 15 kasus, Kabupaten Jayapura delapan kasus dan Kabupaten Merauke empat kasus. Sedangkan di Kabupaten Mimika masih tercatat 13 kasus. Total ada 40 kasus COVID-19 ditemukan.

Baca juga:  Nasional Masih Catat Tren Kenaikan Kasus Harian

Kepala Dinas Kota Jayapura dr. Nyoman Antari mengaku hingga Kamis pagi (7/10) tercatat 15 orang, baik itu atlet maupun ofisial yang positif COVID-19. Satu orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

Para atlet dan ofisial peserta PON XX yang positif ada yang dirawat di RS Provita dan menjalani isolasi terpusat terapung di KM Tidar. “Rata-rata mereka tanpa gejala dan kalaupun bergejala ringan, termasuk yang kini dirawat di RS Provita, ” aku dr. Nyoman.

Baca juga:  Dua Hari, Segini Tambahan Kasus COVID-19 di Karangasem

Kadinkes Kabupaten Jayapura dr Khaerul Lie secara terpisah mengaku di wilayahnya bertambah satu orang hingga menjadi delapan orang yang positif COVID-19. Rata-rata mereka ditemukan positif saat melakukan PCR sebagai syarat bagi pelaku perjalanan karena telah selesai bertanding dan tanpa gejala. Mereka semua sudah divaksin COVID-19, aku dr. Khaerul Lie.

Dinkes Merauke juga menyatakan ada penambahan satu pasien COVID-19 dari PON XX hingga tercatat empat orang. “Keempat orang yang merupakan ofisial dan panitia pelaksana kini menjalani isolasi terpusat terapung di KM Sirimau, ” aku dr Neville Maskita.

Baca juga:  Tambahan Kematian Dilaporkan Bali Masih Tinggi, Hari Ini Lampaui 55 Orang

PON XX Papua akan berlangsung hingga Jumat (15/10) diikuti 6.496 atlet dan sekitar 3.300 ofisial. Sebanyak 37 cabang olahraga menggelar pertandingan, 56 disiplin cabang olahraga, dan 679 nomor pertandingan atau perlombaan. (kmb/balipost)

BAGIKAN