Suasana PPDB di salah satu SMPN di Denpasar pada tahun ajaran 2019/2020. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP Negeri di Kota Denpasar dipastikan akan menjadi ajang pencarian sekolah yang ketat bagi peserta didik. Pasalnya 14 SMP Negeri di Denpasar hanya mampu menampung siswa sebanyak 4 ribuan.

Jumlah siswa yang tamat SD tahun ini, sebanyak 13.88 siswa, sehingga 9 ribuan siswa ini tak bisa tertampung di SMP Negeri di Denpasar. Kabid Pendidikan SMP, Disdikpora Kota Denpasar, AA Gede Wiratama, Senin (10/5) mengatakan siswa yang tak tertampung di SMP Negeri akan ditampung di SMP Swasta.

Baca juga:  Penembakan WN Turki, Tiga Pelaku Dibekuk saat Masih Tidur

Ditambahkan Wiratama, untuk jadwal pendaftaran jalur prestasi dimulai pada, 18 sampai 23 Juni 2021. Untuk jalur perpindahan orang tua dimulai pada, 26 sampai 29 Juni 2021. Jalur afirmasi dilaksanakan pada, 26 sampai 29 Juni 2021, serta jalur zonasi, baik umum maupun dampak Covid-19, dilakukan pada, 26 sampai 29 Juni 2021.

Untuk pelaksanaan PPDB tahun 2021, lanjut dia, masih sama dengan tahun 2020, dengan menggunakan sistem online. Pendaftaran dibagi ke dalam empat kategori, yakni jalur prestasi, jalur perpindahan tugas orang tua, jalur afirmasi dan jalur zonasi. “Khusus untuk jalur zonasi ini, dibagi ke dalam dua kategori, yaitu kategori umum dan kategori terdampak COVID-19,” kata Wiratama.

Baca juga:  Sebelum Berpulang, Prof Wirawan Jalani Perawatan di RSUP Sanglah

Sesuai rancangan awal, untuk jalur zonasi kategori umum, kuota yang disediakan minimal 50 persen untuk setiap sekolahnya. Pada kuota untuk jalur dampak sosial atau dampak COVID-19, sebanyak 10 persen.

Untuk …

Baca selengkapnya di media partner DENPOST.id

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *