Foto arsip - Sejumlah siswa baru sedang mengikuti kegiatan sekolah di salah satu SMP Negeri di Denpasar. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Jalur zonasi bina lingkungan menjadi gelombang terakhir Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP di Kota Denpasar. Sebanyak 3.937 siswa yang mendaftar di jalur ini.

Kabid Pendidikan SMP Disdikpora Kota Denpasar, AA Putu Gede Astra, Kamis (4/7) mengatakan, dalam jalur zonasi bina lingkungan sebanyak 1.400 pendaftar ditolak. Sedangkan 2.537 siswa diterima yang selanjutnya diseleksi kembali karena kuota untuk jalur zonasi bina lingkungan ini sebanyak 1.384 orang.

Baca juga:  Mabes Polri Kembali Tangkap Belasan Pengelola Judi Online di Bali

Terdiri dari kuota asli sesuai juknis 1.048 dan sebanyak 336 siswa merupakan pengalihan dari jalur prestasi, perpindahan tugas orang tua, dan afirmasi.

Dari jalur prestasi dialihkan sebanyak 199, dari jalur perpindahan tugas orang tua 112, dan dari jalur afirmasi sebanyak 25. “Setiap sisa pada masing-masing jalur, kami alihkan ke jalur zonasi bina lingkungan,” katanya.

Dari hasil seleksi pada jalur zonasi bina lingkungan, yang diterima sebanyak 1.365 siswa. Masih ada sisa kuota sebanyak 19 orang di SMPN 11 Denpasar yang berlokasi di Serangan.

Baca juga:  Nyepi Pengaruhi Kualitas Udara di Bali, Ini Hasil Observasi BMKG

Terkait sisa tersebut, pihaknya mengaku akan melaporkan ke Wali Kota Denpasar untuk kebijakan selanjutnya.

Sedangkan untuk pendaftaran ulang bagi calon peserta didik baru yang dinyatakan lulus di semua jalur dilaksanakan pada Senin-Rabu atau 8 hingga 10 Juli 2024. Caranya, mereka harus mengunggah surat pernyataan daftar ulang pada website pendaftaran. (Widiastuti/bisnisbali)

BAGIKAN