Pinggir jalan di Desa Buahan, Payangan amblas karena diguyur hujan. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Pinggir jalan di Desa Buahan, Kecamatan Payangan, amblas. Diduga hal ini terjadi akibat hujan deras yang mengguyur pada Sabtu (4/4).

Panjang areal yang amblas itu mencapai 10 meter dengan kedalaman 5 meter. Kondisi ini pun cukup membuat warga resah, terjadinya longsor susulan. Pasalnya, tanah di lokasi sangat labil dan badan jalan mulai retak-retak.

Perbekel Buahan I Wayan Sudarsa dikonfirmasi Minggu (5/4) membenarkan adanya areal pinggir jalan yang longsor di Banjar Susut tersebut. Areal lokasi tersebut memang labil, dengan kedalaman jurang mencapai 5 meter lebih. “Tanah di lokasi memang sangat labij dan posisi jalan tepat berada dipnggir jurang,”katanya.

Sampai saat ini badan jalan di areal itu pun mulai retak, sehingga dikhawatirkan badan jalan akan ikut amblas. Dia berharap hujan tidak lagi turun sehingga longsor susulan tidak terjadi.

Baca juga:  Bahu Jalan di Jalur Bangli-Kintamani Amblas

Menghindari laka lantas, maka warga Banjar Susut telah memasang rambu pengaman. “Kita berharap jalan jebol ini mendapatkan perhatian dari Pemkab Gianyar. Mengingat jalan ini merupakan akses ke sejumlah hotel yang ada di Banjar Susut,” ucapnya. (Manik Astajaya/balipost)