Putu Agus Suradnyana. (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menerima konfirmasi hasil tes tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Ini merupakan hasil tes ketiga bagi PDP itu yang dirawat di RSP Giri Emas.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang juga Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana (PAS) dalam update kasus COVID-19, Sabtu (4/4) mengatakan, hasil tes swab PDP 06 diterima Jumat (3/4) malam. PDP 06 ini, merupakan bidan yang bertugas di ruang isolasi Lely I RSUD Buleleng.

Hasilnya, PDP dengan kode 06 tes swab-nya dua kali berturut-turut dinyatakan negatif. Atas hasil itu, PDP kode 06 ini dinyatakan telah sembuh dan Sabtu (4/4) dIizinkan pulang.

Meski demikian, pasien diminta tetap mengisolasi diri di rumah selama 1 minggu. Kalau kondisinya baik, maka baru bisa bersosialisasi dengan masyarakat.

Baca juga:  Lagarde ke Lombok, Serahkan Bantuan Rp 2 Miliar

Ia mengatakan saat ini di RSP Giri Emas masih merawat 3 PDP. Ketiganya sekarang masih menunggu hasil tes swab PCR. “Masih ada PDP kode 03, 07, dan PDP kode 08 dan mudah-mudahan hasil tes swab juga negatif, sehingga kasus yang terjadi di daerah kita ini bisa dikendalikan,” katanya.

Di sisi lain, Bupati mengatakan, untuk 1 minggu ke depan, pemerintah terus melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Kota Singaraja, mulai pagi dan sore hari. Pihkanya meminta agar masyarakat luas mendukung penyemprotan ini dengan memberi ruang, sehingga lingkungan bisa terlindungi dari kemungkinan penyebaran COVID-19.

“Jadi saya minta kepada masyarakat agar memberikan ruang kepada kami untuk melakukan penyemprotan. Di desa-desa juga saya rasa sudah rutin melakukan penyemprotan, untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona ini,” tegasnya. (Mudiarta/balipost)