Dr. I Gusti Wayan Murjana Yasa, SE., M.Si. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kedisiplinan masyarakat untuk mengikuti aturan yang diberikan pemerintah sangat penting untuk menghadapi wabah COVID-19. Tidak hanya untuk penduduk lokal, namun juga untuk pendatang.

Menurut Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Dr. I Gusti Wayan Murjana Yasa, SE., M.Si., yang dikhawatirkan saat ini yakni mobilitas penduduk. Oleh karena itu, penting untuk mengendalikan mobilitas penduduk dalam rangka mencegah penularan COVID-19. “Ini perlu disikapi dengan kedisiplinan tinggi,” katanya, Rabu (1/4).

Baca juga:  Karyawan Vila Curi Uang Milik 6 WNA

Terkait pemenuhan kebutuhan logistik jika mobilitas penduduk dikendalikan, Murjana Yasa menyatakan, pemerintah daerah sekarang sudah melakukan pemetaan terkait kebutuhan dan kebutuhan dasar. Namun, perlu juga dipetakan terkait sumber dan distribusi logistik itu. Kerena diketahui, berbagai kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat untuk Bali, banyak yang bersumber dari luar. Ini harus diamankan, agar masyarakat yakin kebutuhan mereka pasti terpenuhi.

Menurutnya, ini merupakan kewajiban pemerintah walaupun mungkin secara lokal di beberapa wilayah sudan melakukan karantina wilayah untuk menekan penyebaran COVID-19. “Ini harus kita patuhi bersama dan konsekuensinya bagaimana distribusi logistik ini bisa dijamin. Inilah tugas pemerintah,” pungkasnya. (Yudi Karnaedi/balipost)

Baca juga:  Kabar Duka Masih Dilaporkan Bali Masuki Hari ke-22, Kasus COVID-19 Baru Capai Puluhan Orang
BAGIKAN