Pangdam IX/Udayana, Mayjen Benny Susianto (kanan) bersama Wagub Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (tengah) saat menerima distribusi APD dari pusat. (BP/edi)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dalam rangka mendukung penanganan Corona (COVID-19), peran TNI dan Polri, selain menyosialisasikan kebijakan pemerintah pusat dan daerah, juga menyiapkan institusi kesehatan yang dimiliki. Untuk TNI, menurut Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, Rumah Sakit yang dimiliki disiapkan dalam penanganan corona.

Langkah ini diambil apabila memang dibutuhkan, jika RS daerah mengalami kelebihan pasien. “Untuk TNI, kita akan siapkan Rumah Sakit yang kita miliki. Kita siap juga dengan kemampuan yang kita punya,” katanya saat mendampingi Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, meninjau pendistribusian APD, Senin (23/3).

Pangdam Benny mengatakan, pihaknya juga sudah mengerahkan kendaraan dekontaminasi dalam rangka mendukung kegiatan sterilisasi. Kendaraan ini juga sudah ditempatkan di Satgas BPBD Provinsi Bali. Ml

Baca juga:  Ketegasan Penanganan COVID-19

Menurutnya, kendaraan ini akan dimanfaatkan untuk sterilisasi di tempat-tempat umum. “Secara bertahap akan dilakukan sterilisasi di tempat-tempat umum seperti RS, pasar dan tenpat lain,” pungkasnya.

Pangdam mengimbau kepada masyarakat Bali, karena masih banyak aktivitas masyarakat Bali serangkaian kegiatan agama menjelang Nyepi. Pada situasi seperti ini, pihaknya mengajak seluruh umat, agar seminimal mungkin melakukan kegiatan yang menghimpun orang banyak. “Bukan kita mengabaikan ritual agama, namun dalam situasi darurat seperti ini, kita utamakan keselamatan manusia. Kami juga tetap mengimbau kepada masyatakat agar menjaga pola hidup sehat dan sementara aktivitas di rumah saja dulu,” harap Pangdam. (Yudi Karnaedi/balipost)