Peserta kursus pelatih PSSI B. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Kursus pelatih sepak bola PSSI B Diploma modul II, gelombang II digelar di Jimbaran dan menggunakan Lapangan Yoga Perkanthi, 9-20 Maret. Sebelumnya, gelombang pertama digelar di Denpasar dan Lapangan Kompyang Sujana.

Usai mengikuti gelombang pertama, mereka diberikan tugas membuat log book rencana latihan tim 60 jam dan match analisis lima pertandingan, terdiri atas tiga pertandingan sepak bola dalam negeri dan dua pertandingan sepak bola luar negeri, yang ditentukan oleh instruktur. Ketua Departemen Sepak Bola Asprov PSSI Bali Nasser Atthamimy, di Badung, Kamis (19/3) menerangkan, dalam kepelatihan ini mendatangkan dua instruktur yakni Yeyen Tumena dan Wolfgang Pikal.

Selain itu, ada materi tambahan selama tiga hari, meliputi khusus tentang materi fisik atlet yang disampaikan oleh instruktur Kartono Pramdan, materi psikologi selama dua hari disampaikan oleh Komala Ningsih dan penanganan cedera olahraga selama sehari oleh dr. Alvin Sp. KO.

Baca juga:  Ikut Putaran Nasional, Perseden Harus Merangkak dari Rayon Bali

Nasser menjelakan, AFC memberikan hak kepada PSSI untuk melaksanakan kursus dan mengeluarkan sertifikat level B AFC dengan nama B PSSI. Langkah ini merupakan sebuah kemajuan yang berarti bahwa level kepelatihan di Indonesia sudah meningkat, terbukti sejak 2019 AFC telah mengakui lisensi C AFC pada Indonesia. (Daniel Fajry/balipost)