Petugas medis mengenakan pakaian steril saat akan memasuki Labotarium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) di Jakarta, Selasa (11/2/2020). (BP/Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Menteri Kesehatan RI pada 16 Maret telah mengeluarkan keputusan tentang penambahan laboratorium pemeriksaan sampel swab terkait COVID-19. Untuk Bali, telah ditunjuk Balai Litbangkes dan Pengendalian Penyakit di Surabaya.

Hal ini akan mempercepat proses pengiriman. “Jadi, hasil pengambilan swab di Bali akan dibawa ke Surabaya sehingga lebih dekat dan kita berharap lebih cepat. Tapi Satgas juga merasa berkepentingan untuk lebih cepat lagi,” ujar Sekda Provinsi Bali yang juga Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19, Dewa Made Indra dalam keterangan pers di Kantor Gubernur Bali, Rabu (18/3).

Menurut Dewa Indra, Satgas bersama Dinas Kesehatan, Universitas Udayana, dan RSUP Sanglah sudah bertemu, Selasa (17/3). Dalam pertemuan disepakati menyiapkan laboratorium kesehatan (Labkes) RSUP Sanglah untuk bisa melakukan pemeriksaan sampel swab.

Baca juga:  Kasus 6 COVID-19 Merupakan Pekerja Kapal Diamond Princess

Artinya, laboratorium pemeriksaan sampel swab terkait COVID-19 sedang disiapkan untuk ada di Bali. “Karena itu, kami telah bersurat kepada Balitbang Kementrian Kesehatan untuk diijinkan agar pemeriksaan swab ini dilaksanakan di laboratorium RSUP Sanglah. Kami siapkan dan kami mohonkan izin karena perizinan ini harus, menyangkut legalitas dari hasil pemeriksaan itu. Kami sedang menunggu jawaban,” jelasnya. (Rindra Devita/balipost)