Setengah lebih badan jalan di Desa Sekumpul menuju Desa Lemukih longsor akibat hujan deras, Selasa (17/3). (BP/ist)

SINGARAJA, BALI POST.com – Badan jalan di Dusun Desa, Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, tergerus tanah longsor, Selasa (17/3). Setengah lebih badan jalan tergerus, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Hanya sepeda motor yang masih bisa melintas, namun harus berhati-hati.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng I.B. Suadnyana mengatakan, sebelum kejadian Buleleng dilanda hujan deras. Diduga akibat guyuran hujan itu tanah terjal di pinggir jalan yang menghubungkan Desa Sekumpul menuju Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, labil. Puncaknya, sekitar pukul 17.00 Wita badan jalan itu amblas karena tidak kuat menahan beban di atasnya. Apalagi, jalan ini berada di atas tanah curam dengan kedalaman sekitar 12 meter.

Baca juga:  Jalan di Desa Sudaji Tertutup Material Longsoran

Jalan sepanjang sekitar 30 meter itu nyaris putus, sehingga hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Pengemudi roda empat harus mencari solusi jalur alternatif. Pascakejadian, pemerintahan desa sudah melaporkan kejadian tersebut kepada kecamatan dan diteruskan ke BPBD Buleleng.

Warga berharap ada penanganan darurat guna mencegah longsor susulan kalau kembali turun hujan. Menunggu proses perbaikan, arus kendaraan terutama roda empat dialihkan melalui jalan di Dusun Pendem. Ini dilakukan agar lalu lintas tidak terganggu, sebab selain untuk warga di kedua desa, jalan ini sering dilintasi rombongan wisatawan. (Mudiarta/bali post)