Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto yang juga juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona. (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Penambahan kasus pasien positif COVID-19 kembali terjadi. Dikutip dari Antara, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona Achmad Yurianto mengatakan jumlah positif terkena virus corona (COVID-19) per Selasa(17/3) sore menjadi 172 kasus.

Untuk jumlah korban meninggal tetap berada di angka lima kasus. “Total saat ini adalah 172 kasus di mana kasus meninggal tetap lima,” kata Yuri dalam jumpa pers bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Jakarta, Selasa.

Penambahan terbanyak ada di 4 wilayah, yakni Provinsi DKI Jakarta, disusul Jawa Timur, Jawa Tengah dan Kepulauan Riau. Ia mengatakan secara umum kondisi yang dirawat sudah membaik.

Dari sekian pasien COVID-19 sudah ada sembilan yang sembuh dan bisa pulang. Sementara itu, masih ada beberapa orang lagi yang menunggu pemeriksaan kedua untuk kemudian dinyatakan sehat dan boleh pulang atau tidak.

Baca juga:  Lava di Kawah Gunung Agung Naik 10 Meter

“Karena pemeriksaan pertama hari ini dan kemarin sudah negatif sehingga kita tinggal menunggu interval dua hari lagi dan akan kita lakukan pemeriksaan dan apabila negatif juga maka bisa dipulangkan,” kata dia.

Yuri mengatakan jumlah penderita COVID-19 bertambah terutama sejak Minggu (15/3). Tetapi pemulihan pasien juga dalam proses dan beberapa sudah sembuh sementara jumlah meninggal tidak bertambah.

Pada Minggu (15/3) ada 134 orang positif COVID-19 dengan angka kematian lima orang. Kmudian pada Senin (16/3) bertambah 12 kasus menjadi 146 positif COVID-19 dan angka kematian tetap lima. (kmb/balipost)