Gubernur Bali, Wayan Koster (dua kiri) mendampingi Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Bali, Dewa Made Indra (baju hijau) memberikan keterangan pers, Selasa (17/3). (BP/rin)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bali kini tengah mengupayakan untuk mempercepat pemeriksaan virus corona (COVID-19). Bahkan, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Universitas Udayana, dan beberapa rumah sakit yang memiliki lab melakukan rapat membahas hal itu di Pusdalops BPBD Bali, Selasa (17/3).

“Kami mencoba untuk melakukan assesment terlebih dahulu, apakah lab ini mempunyai kapasitas untuk melakukan uji atau tes terhadap COVID-19 ini,” ujar Sekda Provinsi Bali yang juga Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19, Dewa Made Indra, di Jayasabha, Denpasar, Selasa (17/3).

Kalau memang ada lab yang sudah memiliki kapasitas untuk itu, baik dari segi alat, personil maupun SOP, lanjut Dewa Indra, pihaknya akan memohonkan ijin kepada Kementerian Kesehatan. Dalam hal ini Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan. “Jika ini sudah mendapatkan ijin, maka tentu kita akan laksanakan. Sekali lagi ini sedang berproses. Jangan melompat, jangan langsung beritanya Bali siap melakukan (uji lab, red),” katanya.

Baca juga:  Selama Nyepi, Telkom Matikan Layanan Indihome di Bali

Dewa Indra menambahkan, ini bagian dari upaya Bali untuk memenuhi kebutuhan publik dalam melakukan percepatan tes COVID-19. “Jadi semangatnya adalah, kita berupaya ada rapid test supaya lebih cepat,” jelasnya. (Rindra Devita/balipost)