Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar menyemprotkan cairan disinfektan di kawasan Terminal Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (3/3/2020). Kegiatan desinfeksi yang dilakukan di area terminal domestik dan internasional bandara tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah antisipasi potensi penyebaran COVID-19 atau virus Corona. (BP/Antara)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus dilakukan Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Guna memutus mata rantai penyebaran virus ini, pihaknya bersama instansi lainnya seperti Angkasa Pura (AP) I dan KKP mengambil langkah antisipasi. Ada empat langkah yang diambil untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih meluas.

Kepala Kantor Otban Udara Wilayah IV, Elfi Amir, Selasa (17/3), mengatakan sejak adanya penyebaran virus Corona ini, pihaknya sudah melakukan hal itu. “Ada empat langkah yang kami terapkan yakni melakukan disinfeksi, penggunaan APD, pengoperasian thermal scanner dan menyediakan cairan hand sanitizer,” katanya.

Selain itu, pihaknya selalu memberikan imbauan ke karyawan Otban melalui WA group agar tidak panik, tetap waspada dan jaga kesehatan dengan banyak mencuci tangan dan tidak bersentuhan atau bersalaman hingga selalu pakai hand sanitizer. Untuk di bandara, kata dia, pemeriksaan dilakukan sesuai dengan standar yang berlaku dan dilakukan petugas KKP dan personel perbantuan dari PT Angkasa Pura I dan TNI AU.

Baca juga:  Kapolres Pantau Penyimpanan Kotak Suara

Elfi menambahkan, akan terus melakukan koordinasi dan bekerja sama untuk mengawasi seluruh aktivitas penerbangan di bandara, khususnya para penumpang internasional maupun domestik. “Sebagai Ketua FAL Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, kami terus melakukan pengawasan agar dalam pelaksanaannya seluruh tim gabungan dapat mematuhi SOP,” imbuhnya. (Pramana Wijaya/balipost)