GIANYAR, BALIPOST.com – COVID-19 telah berdampak pada perencanaan HUT Kota Gianyar ke-249 pada April mendatang. Sejumlah rangkaian HUT dipastikan sudah dicancel, termasuk pawai budaya yang biasanya berlangsung meriah di open stage Balai Budaya Gianyar, tahun ini akan ditiadakan.

Menurut Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya, Pemda hanya menggelar apel sederhana di Lapangan Astina. Sekda Gianyar, Senin (16/3), mengatakan sejumlah kegiatan yang rutin memeriahkan rangkaian HUT Kota Gianyar sudah dicancel.

Sejumlah kegiatan itu berupa lomba-lomba yang tidak hanya melibatkan lingkungan Pemda Gianyar, namun juga melibatkan peserta hingga tingkat desa. “Semua kita cancel mulaidari lomba penjor dan lainya,” katanya.

Dikatakan peniadaan kegiatan HUT Kota Gianyar ini merujuk pada SE (surat edaran) Gubernur Bali nomor 7194 Tahun 2020 tentang panduan tindak lanjut terkait pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 (COVID-19) di lingkungan Pemprov Bali. Khususnya poin 5 yang menyebutkan, kegiatan-kegiatan keramaian hiburan dan kegiatan lainnya yang melibatkan massa agar ditiadakan atau dibatasi.

Baca juga:  Status Siaga Darurat Naik Jadi Tanggap Darurat, Ini Kata Satgas Provinsi

“Kegiatan yang memerlukan massa banyak kan tidak mungkin kita iyakan atau tidak dalam waktu cepat, seperti pawai, maka keputusan bapak bupati semua rangkaian HUT ditiadakan,” katanya. (Manik Astajaya/balipost)