Siswa sedang membuat hand sanitizer dari lidah buaya. (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Sejumlah siswa SMPN 1 Singaraja melaksanakan praktikum membuat hand sanitizer dari campuran alkohol dengan tanaman lidah buaya, Kamis (12/3). Alasan para siswa membuat antiseptik ini menyusul produk pembersih tangan langka sejak penyebaran wabah virus Corona (Covid 19).

Pembuatan hand sanitizer terbilang cukup gampang. Bahan-bahannya mudah diperoleh yakni terdiri dari tanaman lidah buaya yang sudah dihaluskan, alkohol 70 persen dan pewangi esensial.

Salah satu siswa kelas VIII Frea Ristana Devia mengatakan, setelah mengikuti praktikum di sekolah, ia akan mencoba membuat hand sanitizer di rumah, bersama keluarganya. Pengetahuan dari gurunya itu sangat membantu siswa untuk bisa membuat hand sanitizer yang sangat penting, bisa digunakan untuk membunuh kuman, dan mencegah virus Corona.

Baca juga:  Belasan ODP COVID-19 di Buleleng Dipindah ke RS Pratama

“Sekarang sulit ditemukan di toko-toko sehingga. Setelah saya belajar, membuat ini gampang sehingga ini akan saya praktikkan lagi di rumah,” katanya.

Kepala SMPN 1 Singaraja Ni Puti Karnadhi mengatakan, pelatihan membuat hand sanitizer ini dilakukan agar siswanya lebih mudah mendapatkan antiseptik. Ini penting, karena antiseptik bisa dibuat sendiri dan bahan-bahannya sangat mudah ditemukan.

Untuk mengedukasi siswa di sekooah lain, Karnadhi menyebut dalam waktu dekat ini pihaknya akan mensosialisasikan teknik membuat hand sanitizer di sekolah imbas Adiwiyata yaitu SD Banjar Bali dan SD di Kaliuntu, Kecamatan Buleleng. (Mudiarta/balipost)