Petugas KKP Kelas I Denpasar di Bandara Ngurah Rai mengecek dan memberikan edukasi kepada setiap penumpang yang baru tiba. (BP/dok)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Guna memperketat dan menangkal penyebaran virus Corona di Bali, pihak Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali, membuka lima jalur pemeriksaan suhu tubuh penumpang di terminal kedatangan domestik. Dengan menggandeng petugas KKP, PT Angkasa Pura I (sebagai pengelola Bandar Udara I Gusti Ngurai Rai Bali) dan TNI AU, pihaknya melakukan pemeriksaan sesuai SOP dan dilakukan sejak, Selasa (10/3) pukul 09.00 Wita.

Dalam pelaksanaan pemeriksaan ini, langsung  disupervisi tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar dan dilakukan monitoring langsung oleh Kepala Kantor Otoritas Bandar (Otban) Udara Wilayah IV, Elfi Amir, selaku Ketua FAL Bandar Udara  I Gusti Ngurah Rai, Bali. “Pemeriksaan kesehatan dilakukan tim  gabungan KKP, PT  Angkasa Pura, TNI AU dan juga personel Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV untuk melakukan pengukuran suhu tubuh penumpang dengan thermal gun dan kamera pemindai suhu tubuh atau thermal scanner,” katanya, Rabu (11/3).

Baca juga:  Erupsi Gunung Agung, Target Wisatawan ke Badung "Unpredictable"

Ia menerangkan untuk memudahkan pemeriksaan terhadap penumpang di terminal, tim gabungan membuka empat jalur di area kedatangan domestik dan satu jalur di area transit domestik. Ditambahkan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan bekerja sama untuk mengawasi seluruh aktivitas penerbangan di ba data, khususnya para penumpang internasional maupun domestik.

“Sebagai Ketua FAL Bandar Udara I Gusti  Ngurah Rai, kami terus melakukan pengawasan  agar dalam pelaksanaannya  seluruh tim gabungan dapat mematuhi SOP yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan,” ucap Elfi Amir. (Pramana Wijaya/balipost)