Saya menjadi waswas ketika wabah Corona meluas ke mana-mana. Bahkan, saya dengar dari teman kini selain China banyak negara mulai membatasi penerbangan keluar–masuk wilayahnya. Ini artinya potensi penurunan jumlah wisatawan ke Bali sangat terbuka.

Saya yakin Bali akan makin sepi. Terlebih ketika saya baca Bali Post, ada banyak pramuwisata mulai mengeluh. Di Kintamani banyak pramuwisata juga mulai mengeluh dan ada yang juga mulai melirik profesi lain.

Bahkan, ada di kawasan Sanur, Denpasar, pramuwisata juga mengeluhkan sepinya wisatawan. Mudah-mudahan hal ini tak meluas. Jangan sampai penurunan wisatawan ke Bali berimbas serius terhadap daya tahan ekonomi Bali.

Mudah-mudahan Bali segera pulih dan kesempatan ini bisa kita kelola untuk menata kawasan secara lebih baik dan profesional. Mari kita berkomitmen menjaga Bali untuk terjadinya proses kesinambungan.

Baca juga:  Tiba di RSUP Sanglah, Begini Penanganan WN Jepang Diduga Terpapar Corona

Ini juga agar Bali bisa dinikmati anak-cucu kita. Saya berharap Gubernur Bali Wayan Koster benar-benar bisa menjabarkan programnnya ‘’Nangun Sat Kerthi Loka Bali’’ menuju Bali Era Baru.

Ni Made Sudarti

Denpasar, Bali